Sukses

Motif Pelaku Pamer Alat Kelamin di Sekitar Stasiun Sudirman

Pelaku ekshibisionisme yang memamerkan alat kelamin dan beraksi di dekat Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat diungkap ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok pelaku ekshibisionisme yang beraksi di dekat Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat diungkap ke publik. Dia adalah WYS (27), aksinya memamerkan alat kelamin ke seorang pejalan kaki terekam CCTV dan viral di media sosial.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyatno menerangkan, pelaku sehari-hari bekerja sebagai pengamen jalanan.

Ketika itu, sedang nongkrong di sekitar Stasiun Sudirman pada Jumat 15 Oktober 2021 sekira pukul 19.20 WIB. Pelaku kemudian melihat korban MS berjalan seorang diri.

Setyo mengatakan, pelaku kemudian timbul fantasi yang kemudian dengan sengaja memamerkan alat vital ke arah korban. Adapun, motivasi sementara ini dari pengakuan tersangka hanya iseng.

"Namun kami akan memeriksa lebih dalam," ujar dia saat konferensi pers, Rabu (27/10/2021).

Setyo menerangkan, pihaknya akan memeriksa kejiwaan pelaku ekshibisionisme itu untuk mengetahui lebih jauh berkenaan dengan kesehatan mental dan jiwa. Meski, saat diamankan tidak menunjukkan gelagat yang aneh.

"Kondisi pribadinya normal dan saat diamankan berlaku wajar kita akan tetap memeriksa psikologi kejiwaan," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Hukuman

Guna mempertanggungjawabkan perbuatan, pelaku dijerat pasal berlapis antara lain Undang-Undang Pornografi pada Pasal 36 juncto Pasal 10 Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2008. Selain, Pasal 281 KUHP.

"Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," tandas dia.

Sebelumnya, salah satu akun twitter membagikan detik-detik pelaku pamer kelamin ke salah seorang pejalan kaki di sekitar Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat. Saat itu, wanita tersebut berjalan seorang diri pada pukul 19.00 WIB.

Dari arah belakang, ada seorang pria yang tiba-tiba membuka celana sambil memegang alat kelamin. Sontak, pejalan kaki lari sambil berteriak. Melihat respons itu, pria tersebut ikut berlari menjauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.