Sukses

Jokowi Akan Lantik Eks Ketua Kadin Rosan Roeslani Jadi Dubes AS

Jokowi akan melantik sejumlah duta besar (dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin (25/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik sejumlah duta besar (dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin (25/10/2021). Salah satunya nama yang dilantik yakni, Rosan Roeslani.

Rosan merupakan seorang pengusaha dan mantan Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN). Nantinya, dia akan menjadi Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.

"Dubes (akan dilantik Presiden). Rosan (menjadi) dubes Amerika," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin.

Selain itu, ada sejumlah nama yang juga akan dilantik Jokowi menjadi dubes RI untuk negara-negara sahabat. Mereka antara lain, Armanatha Nasir yang akan dilantik menjadi Dubes LBPP RI untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya, berkedudukan di New York.

Kemudian, Febrian A. Ruddyard bakal dilantik menjadi Dubes RI untuk PBB, WTO, dan organisasi internasional lainnya di Jenewa, berkedudukan di Jenewa. Bukan hanya dubes, Jokowi juga dijawadwalkan melantik Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) baru.

"Dubes (dan) Ketua PPATK yang akan dilantik Presiden," ujar Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

33 Nama Calon Dubes

Seperti diketahui, Jokowi mengusulkan 33 nama calon dubes ke DPR RI. 33 calon dubes itu terdiri dari 29 calon dubes untuk penempatan di negara akreditasi, dan tiga calon dubes di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) yaitu New York, ASEAN, dan Jenewa.

Sebelum dilantik, para dubes telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada Juli 2021. Dari 33 orang itu, juga ada nama Juru Bicara Presidden Jokowi, Fadjroel Rachman yang diusulkan menjadi Dubes RI untuk Kazakhstan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dubes AS