Sukses

Sambut Maulid Nabi, 402 Anak Ikut Lomba Baca Al-Qur'an Secara Virtual

Membaca Al-Qur'an dengan mendalami maknanya lalu mengamalkannya adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ratusan anak berlomba baca Al-Qur'an secara virtual yang diselenggarakan Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML), Minggu (24/10/2021).

Menurut Ketua Dewan Pembina YMSML, Saleh Husin, dengan membaca Al-Qur'an, mendalami maknanya, kemudian mengamalkannya dalam keseharian adalah cara mulia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

"Kemudian dari sana, kita juga berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al-Quran, tanpa terbatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi, secara daring sebagaimana kita laksanakan hari ini," ujar Saleh, Minggu. 

Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa, mengajak para peserta membaca Al-Quran menggunakan metode Mama Papa.

Tak kurang dari 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/musala di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi, unjuk kemampuan secara daring melalui zoom.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian dari Berantas Buta Al-Quran

Menurut Saleh, kegiatan ini merupakan bagian dari program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai dengan September lalu.

"Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori di antaranya katergori A untuk anak usia 7-9 tahun, kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, dan kategori C untuk anak usia 13-15 tahun dengan total hadiah sebesar Rp42 juta," ungkap Saleh.

Ratusan peserta ini merupakan anak didik ustaz dan guru mengaji yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Quran menggunakan metode tersebut.

Pelatihan itu juga merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif.

"Jadi tadi, anak-anak sangat semangat sekali mengikuti perlombaannya. Membuat terharu para panitia dan dewan juri," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.