Sukses

Mensos Risma Sebut Akan Bantu Merawat Makam Bung Karno

Risma mengatakan, pihaknya akan membantu pemerintah daerah Blitar untuk merawat area makam Presiden pertama Indonesia Sukarno atau Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, pihaknya akan membantu pemerintah daerah Blitar untuk merawat area makam Presiden pertama Indonesia Sukarno atau Bung Karno.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi dan berziarah ke makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Blitar pada Sabtu 23 Oktober 2021.

Menurut Risma, sejak diresmikan, makam Bung Karno belum pernah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan.

Sejak diresmikan di tahun 1979, makam Bung Karno belum pernah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan. Karenanya kami di Kementerian Sosial yang juga mempunyai kaitan dalam kepahlawanan melakukan perawatan bersama pemda," kata dia seperti dilansir dari Antara.

Risma menuturkan, apa yang disampaikannya untuk membantu pemerintah daerah, sebab jika tugas pemeliharaan makam hanya dilakukan oleh pemda, akan terasa berat.

"Kami akan membantu daerah dalam pemeliharaan dan penataan taman makam pahlawan supaya tidak terlalu membebani pemerintah daerah. Sehingga ke depan makam bagi para pahlawan diharapkan menjadi lebih baik dan terawat," kata Mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Risma usai melakukan ziarah ke makam Bung Karno, ia juga langsung meninjau sejumlah fasilitas di area makam tersebut.

"Pak ini perlu adanya lampu agar menjadi lebih terang, kemudian lantai juga digosok agar mengkilap. Di pohon juga dikasih lampu di beberapa titik," kata dia ke pengelola makam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Makam Pahlawan

Sebelum ke Makam Bung Karno di Blitar, Risma juga sempat mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat, serta Makam Pahlawan Bung Hatta di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.

Menurut dia keberadaan makam para pahlawan yang jauh dari tempat asal menjadi prioritas untuk pemeliharaan.

"Sebelum ke sini saya juga mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nya Dien di Sumedang. Alhamdulilah bersih dan terawat karena Pemda Sumedang sangat perhatian," kata Risma.

Sementara itu, Wali Kota Blitar Santoso mengapresiasi kehadiran serta kebijakan yang diberikan Kemensos untuk perawatan Komplek Makam Bung Karno. Ia menilai hal tersebut menandakan jiwa besar Mensos yang sangat menghargai jasa Soekarno sebagai Pahlawan.

"Bangga, salut dan istimewa saya tujukan kepada Ibu Mensos. Kehadirannya dan kepeduliannya terhadap makam Bung Karno menandakan beliau berjiwa besar menghargai jasa bapak bangsa sekaligus proklamator. Terima kasih kami sampaikan kepada Mensos," kata Santoso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.