Top 3 News: Penyebab Gempa di Salatiga Terjadi hingga Empat Kali

Oleh Devira PrastiwiYopi Makdori pada 24 Okt 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2021, 12:28 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Perbesar
Ilustrasi gempa bumi (sumber: Istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait gempa yang getarkan wilayah Kota Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa, Jawa Tengah (Jateng).

Gempa tersebut terjadi pukul 00:32:05 WIB pada Sabtu, 23 Oktober 2021. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, lindu itu bermagnitudo 3,0.

Dijelaskan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa tersebut diduga dipicu oleh Sesar Merbabu, Merapi dan Telomoyo.

Kemudian, dikabarkan Sukmawati Soekarnoputri pindah agama ke Hindu dan bakal menjalani prosesi pindah agama pada Selasa 26 Oktober 2021 di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Bali.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Sukarno Center di Bali Arya Wedakarna. Rencananya, Sukmawati Soekarnoputri juga bakal mengundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghadiri upacara ritual prosesi pindah agama tersebut.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sukmawati juga merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri, mantan presiden Indonesia. Wanita kelahiran 26 Oktober 1951 itu memiliki nama asli Diah Mutiara Sukmawati.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah selebgram Rachel Vennya yang kembali menyita perhatian usai memenuhi panggilan Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis 21 Oktober 2021.

Setelah memenuhi panggilan untuk pemeriksaan dugaan kabur karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara sepualngnya dari Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Rachel Vennya dijemput di Polda Metro Jaya menggunakan mobil mewah berpelat nomor RFS, yang merupakan plat untuk pejabat Reformasi Sekretariat Negara.

Pelat nomor kendaraan itu lah yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat, dan juga seorang pegiat media sosial Adam Deni.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 23 Oktober 2021:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Salatiga Diguncang Gempa Sebanyak 4 Kali, Ini Penyebabnya

Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa mengguncang wilayah Kota Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa, Jawa Tengah pada Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 00.32.05 WIB. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut bermagnitudo 3,0.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menerangkan, gempa tersebut diduga dipicu oleh Sesar Merbabu, Merapi dan Telomoyo.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Diduga kuat sumber gempa sesar aktif yang menjadi pemicu gempa ini adalah Sesar Merbabu Merapi Telomoyo," kata Daryono lewat akun Instagram pribadinya, Sabtu 23 Oktober 2021.

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Profil Singkat Sukmawati yang Akan Jalani Ritual Pindah Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri-KH Ma'ruf Amin
Perbesar
Budayawati Sukmawati Soekarnoputri tersenyum usai pertemuan dengan Ketua MUI KH Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jakarta, Kamis (5/4). Usai pertemuan tersebut MUI telah mendapatkan klarifikasi perihal puisi yang di bacakan Sukmawati. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sukmawati Soekarnoputri dikabarkan pindah agama ke Hindu. Ia pun bakal menjalani prosesi pindah agama pada Selasa 26 Oktober 2021 di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Bali.

"Iya benar, tanggal 26 Oktober dua hari lagi, di Singaraja," ujar Kepala Sukarno Center di Bali Arya Wedakarna saat dihubungi Liputan6.com, pada Sabtu 23 Oktober 2021.

Rencananya, Sukmawati Soekarnoputri juga bakal mengundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghadiri upacara ritual prosesi pindah agama tersebut.

Lantas siapakah sebenarnya Sukmawati Soekarnoputri? Dia merupakan putri dari presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno atau Bung Karno dan Fatmawati Soekarno.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sukmawati juga merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri, mantan presiden Indonesia.

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Enam Fakta Pelat Nomer Kendaraan RFS Penjemput Rachel Vennya Usai Pemeriksaan Polisi

[Fimela] Rachel Vennya di Polda Metro Jaya
Perbesar
Rachel Vennya di Polda Metro Jaya ( KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Selebgram Rachel Vennya sudah memenuhi panggilan Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis 21 Oktober 2021.

Rachel Vennya datang bersama kekasihnya Salim Nauderer dan manajernya Maulida Khairunnisa untuk diperiksa terkait kasus dugaan kabur karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara usai pulang dari Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Namun, usai menjalani pemeriksaan, Rachel Vennya kembali menyita pemeriksaan lantaran dijemput menggunakan mobil mewah berpelat nomor RFS, yang merupakan plat untuk pejabat Reformasi Sekretariat Negara.

Pelat nomor kendaraan itu lah yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat, dan juga seorang pegiat media sosial Adam Deni.

 

Selengkapnya...

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya