Sukses

8 Fakta Terkait Kembali Dibukanya Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai kembali dibuka hari ini, Sabtu (23/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai kembali dibuka hari ini, Sabtu (23/10/2021).

Tak hanya Ragunan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga membuka 59 ruang terbuka hijau (RTH) lainnya saat pelaksanaan PPKM level 2 ini.

"Mulai Sabtu, 23 Oktober 2021, 59 RTH termasuk Taman, Hutan, Taman Margasatwa Ragunan, dan Kebun Bibit akan dibuka kembali dengan memenuhi ketentuan yang berlaku pada masa PPKM ini tentunya," tulis akun instagram resmi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta, @temantaman.jkt, Sabtu (23/10/2021).

Dibukanya Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Ragunan ini dengan kapasitas maksimal 25 persen pengunjung atau 15 ribu orang.

Dijelaskan, pengelola mewajibkan pengunjung yang berkunjung di kebun binatang Ragunan mendaftar secara daring (online) satu hari sebelum kunjungan (H-1).

Staf Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi mengatakan, pengunjung yang diizinkan masuk hanyalah warga yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Tetap pendaftaran daring, jadi H-1 mulai besok hari Jumat itu sudah dibuka pendaftaran daring untuk pengunjung yang akan berkunjung di hari Sabtunya. Satu hari sebelum kunjungan sudah harus mendaftar," kata Wahyudi.

 

Berikut deretan fakta terkait kembali dibukanya Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Ragunan dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Dibuka Bersana 58 Ruang Terbuka Hijau Lainnya

Pemprov DKI Jakarta akan kembali membuka 59 ruang terbuka hijau (RTH) saat pelaksanaan PPKM level 2 pada Sabtu (23/10/2021).

Hal tersebut berdasarkan unggahan dari akun instagram resmi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta, @temantaman.jkt.

"Mulai Sabtu, 23 Oktober 2021, 59 RTH termasuk Taman, Hutan, Taman Margasatwa Ragunan, dan Kebun Bibit akan dibuka kembali dengan memenuhi ketentuan yang berlaku pada masa PPKM ini tentunya," bunyi unggahan dalam akun tersebut.

 

3 dari 9 halaman

2. Buat Syarat Masuk

Dibukanya kebun binatang Ragunan itu dengan kapasitas maksimal 25 persen pengunjung atau 15 ribu orang.

Pengelola mewajibkan pengunjung yang berkunjung di kebun binatang Ragunan mendaftar secara daring (online) satu hari sebelum kunjungan (H-1).

Staf Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi mengatakan, pengunjung yang diizinkan masuk hanyalah warga yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Tetap pendaftaran daring, jadi H-1 mulai besok hari Jumat itu sudah dibuka pendaftaran daring untuk pengunjung yang akan berkunjung di hari Sabtunya. Satu hari sebelum kunjungan sudah harus mendaftar," kata Wahyudi.

 

4 dari 9 halaman

3. Kapasitas Pengunjung, Wajib Sudah Divaksin

Wahyudi mengatakan, Ragunan dibuka dengan maksimal kapasitas pengunjung 25 persen dari total kapasitas sehingga perkiraan total bisa menerima pengunjung sebanyak 15.000 orang.

Dia menambahkan, pengunjung harus sudah divaksin Covid-19 minimal dosis satu. Nantinya ada petugas yang mengecek syarat tersebut melalui scan kode batang PeduliLindungi di setiap pintu masuk.

"Minimal satu dosis atau sudah divaksin dan tetap menggunakan masker. Walaupun sudah vaksin, pengunjung harus tetap menggunakan masker di dalam," papar Wahyudi.

 

5 dari 9 halaman

4. Jam Operasional

Adapun operasional Taman Margasatwa Ragunan dibuka setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 07.00-14.30 WIB.

Menurut Wahyudi, pengunjung dapat mendaftar melalui link bit.ly/PesantiketTMR.

"Tidak ada batasan usia, anak di bawah dua belas tahun wajib pendampingan orang tua," kata dia.

 

6 dari 9 halaman

5. Berlakukan Ganjil Genap, Puluhan Mobil Pelanggar Diputar Balik

Wahyudi menambahkan, pihaknya bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan berkoordinasi menerapkan ganjil-genap untuk kendaraan roda empat.

Ganjil genap itu berlaku untuk kendaraan yang akan memasuki TMR setiap Jumat pukul 12.00 -18.00, Sabtu dan Minggu pukul 07.00-14.30 WIB.

Sementara itu, Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan dan Suku Dinas Perhubungan setempat memutar balik puluhan kendaraan roda empat yang tidak sesuai aturan ganjil-genap di Taman Margasatwa Ragunan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Edi Supriyanto mengatakan, hingga Sabtu siang sebanyak 25 kendaraan roda empat telah diputar balik.

"Sampai dengan hari ini kurang lebih 25 kendaraan roda empat semua yang diputarbalikkan," kata Edi saat ditemui di Ragunan.

Hingga siang hari kondisi lalu lintas masih relatif lancar. Kendaraan yang berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR) yang tidak sesuai dengan aturan ganjil-genap maka akan diputarbalikkan.

Kendaraan yang yang diputar balik umumnya belum mengetahui adanya aturan ganjil-genap untuk berkunjung berwisata bagi kendaraan pelat nomor ganjil.

 

7 dari 9 halaman

6. Ada Pengunjung Tak Daftar Daring

Selain itu, lanjut Edi, sebagian lagi karena belum mendaftar secara daring (online) seperti ketentuan daru pengelola.

"Pembukaan Ragunan hari ini dimulai. Pembatasan ganjil-genap, yang boleh masuk harus sesuai dengan tanggal. Kalau hari itu ganjil ya ikuti ganjil, kalau genap ya genap," kata Edi.

 

8 dari 9 halaman

7. Tegaskan Tetap Terapkan Prokes

Edi mengimbau masyarakat yang akan berkunjung ke Ragunan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kebijakan lalu lintas.

"Jangan lupa tetap prokes kedepankan kedua ikuti kalender ganjil-genap karena merupakan daripada kebijakan pembukaan Ragunan," tegas Edi.

 

9 dari 9 halaman

8. Ribuan Pengunjung Sudah Padati Ragunan Sejak Pagi

Tiga ribu lebih pengunjung dari berbagai wilayah di DKI Jakarta telah memasuki kebun binatang tersebut sejak pagi hingga Sabtu (23/10/2021) siang saat hari pertama pembukaan kembali pada PPKM Level 2.

Staf Pelayanan dan Informasi Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Wahyudi Bambang saat ditemui mengatakan, sejak dibuka pukul 07.00 hingga 12.00 WIB ada 3.613 pengunjung.

Menurut Wahyudi, jumlah itu diperkirakan terus bertambah hingga sore nanti.

"Hingga siang ini tercatat 3.613 orang yang sudah masuk dan untuk yang sudah mendaftar sekitar 8.000 orang. Kita tidak tahu apakah semuanya masuk atau gimana, nanti kita lihat pada penutupan pukul 14.30 WIB," tegas Wahyudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.