Sukses

Semarak Hari Santri, Sahabat Ganjar Gerebek Pesantren Lewat Kelas UMKM

Kegiatan Sahabat Ganjar diharapkan menjadi sarana edukasi kepada para santri yang nantinya bisa menjadi modal membuat usaha mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Sahabat Ganjar melakukan safari dengan 'menggerebek' sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Tengah. Menurut Kesit, Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Tengah, aksi dilakukan dengan memberi kelas UMKM dalam memperingati Hari Santri Nasional.

"Kami mulai dari Tegal, sebagai pembuka rangkaian kegiatan Gerebek Ponpes dengan tema Santri Kreatif Santri Muda dan Inspiratif. Aksi ini akan berlangsung sampai 24 Oktober 2021," kata Kesit dalam keterangan tertulis diterima, Jumat (22/10/2021).

Kesit menambahkan, Sahabat Ganjar tidak hanya sekadar memberikan kelas, namun juga peralatan penunjang guna sarana dan prasarana kelas, seperti komputer, modem internet dan printer.

"Kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqin Tegal dan Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an Pemalang kami juga memberikan bantuan berupa komputer, printer, modem, selain kelas pelatihan membuat blog dan pembuatan website," jelas Kesit.

Humas DPP Sahabat Ganjar Indah CH menambahkan, kegiatan Sahabat Ganjar diharapkan menjadi sarana edukasi kepada para santri yang nantinya bisa menjadi modal membuat usaha mandiri.

"Sahabat Ganjar terus melakukan aksi sosial untuk membantu sesama, minggu lalu kita sudah melakukan grebek pasar di Jawa Barat, sekarang sasaran kita lebih kepada edukasi untuk santri milenial sehingga siap untuk terjun di dunia digital," tambah Indah CH.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Antusias Para Santri

Agus Khuiruddin, salah satu santri dari Pondok Pesantren RT Hidayatul Qur'an yang menjadi peserta pelatihan menyatakan, kegembiraannya saat Sahabat Ganjar mengisi materi. Pembuatan Blog dan kelas digital marketing menjadi hal yang paling diminatinya.

"Senang banget rasanya bisa belajar membuat blog dan belajar digital marketing, makasih banyak Sahabat Ganjar," kata Agus.

Senada, Muhammad Prakoso, santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqin, juga mengungkapkan antusiasmenya saat mendapat bantuan komputer dari kegiatan ini. Dia yakin, dengan komputer tersebut, maka dirinya bisa lebih mahir dalam membuat blog

"Alhamdulillah sekarang saya bisa membuat blog sendiri, komputernya juga keren makin semangat untuk belajar mengenai ilmu komputer," kata Prakoso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.