Sukses

Novel Baswedan Terkejut Ada Pimpinan yang Sebut Banyak Taliban di KPK

Novel tak menjelaskan secara rinci oknum pimpinan yang dia sebut mengatakan banyak taliban di KPK. Namun dia memastikan mengatakan demikian bukan tanpa dasar.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Kasatgas Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan terkejut dengan adanya salah satu pimpinan KPK yang mengatakan banyak Taliban di lembaga antirasuah. 

"Oknum Pimpinan KPK menyatakan di KPK banyak taliban, ini luar biasa. Ini yang saya dan kawan-kawan terkejut, tiba-tiba ada oknum pimpinan KPK mengatakan begitu," ujar Novel dalam chanel Youtube pribadinya dikutip Kamis (21/10/2021).

Novel tak menjelaskan secara rinci oknum pimpinan yang dia sebut mengatakan banyak taliban di KPK.

Namun dia memastikan mengatakan demikian bukan tanpa dasar.

Novel menyebut pernyataan adanya Taliban memang sengaja dihembuskan oleh mereka yang ingin menyingkiran beberapa pegawai di lembaga antirasuah. Dia tak habis pikir justru pimpinan KPK lah yang ingin menyingkirkan beberapa pegawai.

"Ini luar biasa, belum pernah terjadi selama ini, selama pelemahan KPK berlangsung, justru upaya pelemahan itu datangnya dari pimpinan KPK sendiri, baru kali ini," kata Novel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Penyingkiran dengan TWK

Menurut Novel, salah satu upaya penyingkiran pegawai yang dilakukan pimpinan KPK yakni dengan asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK).

Alhasil, sebanyak 57 pegawai kini dipecat akibat tak lulus TWK yang diduga melanggar HAM dan maladmisitrasi.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Ombudsman dan Komnas HAM memang perilaku tersebut adalah perilaku melawan hukum, ilegal yang motifnya adalah penyingkiran," kata Novel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.