Sukses

Anies Didukung Jadi Capres, Gerindra: Kami Ingin Usung Prabowo Subianto

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta mengatakan, saat ini semua pihak masih fokus dalam menjalankan tugas yang diembannya. Seperti halnya Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, pendeklarasian ataupun mengusung salah satu tokoh untuk dijadikan calon presiden atau capres merupakan hal setiap warga negara. Seperti halnya rencana Partai Gerindra yang ingin kembali mengusung ketua umumnya yaitu Prabowo Subianto.

"Di kami sendiri juga Gerindra juga ingin mengusung lagi Pak Prabowo. Itu hak masing-masing ya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Kendati begitu, kata dia, saat ini semua pihak masih fokus dalam menjalankan tugas dan fungsi jabatan yang diembannya. Seperti halnya Prabowo yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan.

"Tapi kami fokus untuk menjalankan amanah masing-masing. Mari kita mari fokus melaksanakan tugas masing-masing sesuai kewenangan masing-masing," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Riza mengaku tidak ambil pusing adanya pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Kata dia, hal tersebut merupakan hak setiap warga negara.

"Itu hak warga negara untuk berdemokrasi, tapi Pak Anies sejauh yang saya tahu tidak pernah bahas soal Pilpres karena masih 2024 ya," papar dia.

Saat ini kata Riza, Anies Baswedan masih fokus dengan tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta. Politikus Gerindra itu menyatakan, Anies tak pernah menyinggung pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Saya kira tidak pernah ya menyinggung soal pilpres maupun politik. Sekalipun ada kelompok-kelompok yang mencoba mendukung mendeklarasikan," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Relawan Deklarasikan Anies Baswedan Maju Jadi Capres 2024

Kelompok relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Deklarasi dilakukan di Rumah Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, dan menerapkan acara secara hybrid.

Koordinator ANIES, La Ode Basir menyatakan sosok Anies Baswedan memiliki karakter sebagai pemimpin bangsa. Yakni mampu menyaring aspirasi masyarakat dengan cepat. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta dinilai sebagai tokoh yang bersikap santun dalam menyikapi masalah.

"Dengan capaian-capaian itu, dengan mengucapkan bismillah mulai hari ini bekerja untuk mendukung pencalonan Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata La Ode, Rabu (20/10/2021).

Lanjut dia, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dinilai cukup memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah di Jakarta sebagai ibu kota negara. Sejumlah janji kampanyenya saat Pilkada DKI 2017 sudah hampir dituntaskan.

"Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada," ucapnya.

La Ode mengatakan pendeklarasian tersebut merupakan inisiatif dari para pendukung Anies Baswedan. Selain itu, dia menginginkan keberhasilan yang dilakukan Anies di Jakarta dapat dirasakan oleh masyarakat di provinsi lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Relawan Tokoh Bermunculan Jelang Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.