Sukses

Jokowi Buka Acara Apkasi Otonomi Expo 2021

Apkasi Otonomi Expo 2021 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Apkasi Otonomi Expo 2021 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Dengan mengucap Bismillahiramanirrahim, Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 saya nyatakan dibuka," tutur Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

Jokowi menyatakan apresiasinya terhadap upaya Apkasi menumbuhkan perekonomian nasional lewat kegiatan tersebut. Terutama sebagai wadah dalam memperkuat kerja sama antardaerah.

"Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, sekaligus memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru," jelas dia.

Menurut Jokowi, pasar dalam negeri sangatlah potensial dan besar lantaran jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270 juta jiwa. Terlebih, masyarakat kelas menengah juga terus bertumbuh sangat pesat, sehingga harusnya dapat menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri kita.

"Jangan sampai pasar yang sangat besar ini diambil produk-produk negara lain, dan juga perlu diperkuat perdagangan, antardaerah, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau. Ini penting sekali untuk diperkuat saya rasa dalam forum-forum Apkasi perlu terus disampaikan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berani Berkompetisi

Jokowi mendorong setiap daerah untuk fokus pada produk unggulannya dan berani berkompetisi dengan pasar global. Dengan begitu, antardaerah dapat saling menopang dan melengkapi satu dengan yang lainnya.

"Karena ketidakpastian tadi, jangan daerah wah sana nanam karet kok ekonominya baik, rakyat kita suruh tanam karet, pas baik iya, bagus tapi pas jatuh hati-hati barengan nanti berbahaya," Jokowi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi