KSP Luncurkan Laporan Capaian Kerja Jokowi - Ma'ruf Amin Tahun 2021

Oleh Liputan6.com pada 20 Okt 2021, 06:52 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 06:56 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Istana Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Staf Kepresidenan (KSP) merilis buku laporan capaian kinerja 2021 bertajuk "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh 2021". Dalam laporan tersebut berisi berbagai capaian Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin satu tahun terakhir, khususnya dalam penanganan pandemi COVID-19.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan dua tahun lewat sejak pandemi COVID-19 tidak membuat pemerintah surut dalam menjalankan strategi nasional. Pandemi kata dia justru mendorong pemerintah lebih maju.

"Laporan tahunan ini adalah penanda kebangkitan itu. Lewat berbagai narasi, gambar, dan data, kita semua termasuk generasi mendatang dapat melihat kerja mengatasi gempuran pandemi secara kreatif dan inovatif," kata Moeldoko dikutip merdeka.com dalam kata pengatar buku tersebut, Rabu(20/10/2021).

Dia mengklaim sekuat tenaga pemerintah akan terus bergerak yaitu meraih cita-cita kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Menurutnya sebagai nahkoda, Jokowi memberikan memberi arahan jelas dan tegas untuk bekal menempuh krisis.

"Gas dan rem serta keberanian mengambil risiko. Arahan ini patut disambut dengan terima kasih dan syukur serta wajib dilaksanakan karena menjadi dasar semua kebijakan yang agile," ungkapnya.

Moeldoko menjelaskan pedal rem ditekan ketika positivity rate melejit. Pedal gas dioptimalkan saat situasi telah memungkinkan.

"Betapa prinsip sederhana ini tepat terbukti. Dan kian meyakini kita bahwa bangsa ini mampu menghadapi tantangan ke depan. Dari pandemi menuju endemi," bebernya.

Moeldoko juga menjelaskan langkah pemerintah saat ini tidak terlepas dari peran semua pihak. Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam setiap kebijakan, tenaga kesehatan di garda terdepan. Kemudian kesigapan TNI/Polri, akademisi yang turun gunung, jaringan luas organisasi kemasyarakatan, serta inovasi sosial lembaga swadaya masyarakat.

"Semua mengambil peran dalam orkestrasi besar yang harmonis, yang penuh optimisme akan tanah air Indonesia tangguh, yang terus bertumbuh dengan merdeka dan berdaulat. Semoga Tuhan senantiasa menyertai bangsa kita," pungkasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Capaian Kerja Jokowi-Maruf Amin

Diketahui tradisi penyusunan laporan capaian kinerja dimulai sejak 2015 setiap tanggal 20 Oktober. Laporan ini adalah bentuk pertanggung jawaban jalannya pemerintahan dalam satu tahun terakhir. Secara tradisi, laporan disampaikan kepada publik agar masyarakat lebih memahami apa yang telah dilakukan pemerintah.

Sejumlah capaian juga ditampilkan dalam buku tersebut diantaranya penyelesaian kasus tanah dengan pendekatan baru yang melibatkan organisasi sipil. Selain lima arahan besar Presiden, buku ini juga memuat capaian pembangunan di Papua dalam bidang SDM, infrastruktur, transformasi ekonomi, deregulasi dan reformasi birokrasi serta kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang baru selesai.

Produk digital Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh 2021 bisa diunduh di laman https://capaiankinerja.presidenri.go.id/ pada 20 Oktober 2021.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya