Perumahan di Bekasi Dikepung Banjir Hingga Satu Meter

Oleh Bam Sinulingga pada 19 Okt 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 20:15 WIB
FOTO: Banjir Masih Merendam Rumah dan Ladang Warga di Bekasi
Perbesar
Banjir merendam rumah warga di Desa Sindangsari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/2/2021). Sebagian rumah warga masih terendam banjir yang disebabkan jebolnya tanggul Sungai Citarum dan luapan Sungai Ciherang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Perumahan Taman Narogong Indah, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir akibat hujan yang mengguyur sepanjang Senin 18 Oktober 2021. Ketinggian air disebutkan berkisar 80 sentimeter hingga 1 meter.

Akibat dikepung banjir, aktivitas warga pun menjadi terhenti. Sejumlah pemilik toko yang berada di jalan utama perumahan, juga memilih untuk menutup tempat usaha mereka.

Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun empat yang nekat menerjang banjir, mengalami mati mesin, sehingga terpaksa didorong dengan bantuan dari warga sekitar.

Menurut warga setempat, wilayah mereka kerap menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan saluran air yang berada di dekat perumahan cenderung kecil, sehingga tak dapat menampung debit air ketika hujan deras mengguyur.

"Saluran air yang ke belakang itu emang kecil. Airnya jadi kurang lancar gitu. Sering, di sini sering banjir," kata Musdalifah, warga setempat, Selasa (19/10/2021).

Ia mengaku warga sudah sangat mengeluhkan kondisi banjir yang terus berulang setiap tahunnya. Warga, kata dia, bahkan sudah beberapa kali meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk memperlebar saluran air, untuk mencegah banjir meluap ke perumahan.

"Ya maunya dilebarin aja salurannya biar gak banjir terus kalau musim hujan," ujar Musdalifah.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pelebaran Saluran Air

Dirinya berharap pemerintah daerah dapat segera menindaklanjuti permintaan warga untuk pelebaran saluran air. Sehingga permasalahan banjir yang sudah berjalan menahun, bisa secepatnya tertangani.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya