Sukses

Momen Jokowi Naik Rantis Milik Paspampres untuk Sapa Warga Tarakan

Hal itu dilakukan Jokowi untuk memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta Ada hal berbeda saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10/2021). Jokowi tampak menaiki kendaraan taktis (rantis) P6 ATAV V1 yang dimiliki oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Padahal, biasanya Jokowi menggunakan mobil sedan saat melakukan kunjungan kerja ke daerah. Hal itu dilakukan Jokowi untuk memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri.

"Kita tahu bahwa Presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya," kata Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo dikutip dari siaran pers, Selasa.

Selain itu, kata dia, Jokowi juga ingin lebih dekat dengan rakyat. Pasalnya, kendaraan taktis yang dinaiki Jokowi memiliki penampilan agak terbuka dimana tidak ada sekat seperti, pintu.

"Dalam setiap kunjungan kerja ke daerah, Presiden selalu menyapa masyarakat. Namun Presiden merasa bila dari mobil yang biasa digunakan masih terasa ada sekat. Dengan mobil yang agak terbuka, Presiden berharap masyarakat merasakan kedekatan tersebut," jelas Tri.

Kendati begitu, dia memastikan bahwa seluruh lapisan bodi dari mobil tersebut adalah baja anti peluru. Selain itu, mobil tersebut memiliki kemampuan mendeteksi arah tembakan musuh sehingga aman digunakan oleh seorang Kepala Negara.

"Bagian depan juga menggunakan kaca anti peluru," ucapnya.

"Teknologi ini dikenal dengan Gunshot Detection System yang dipasang pada bagian belakang P6 ATAV," sambung Tri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerangka Pipa Baja

Adapun mobil tersebut memiliki kerangka yang terbuat dari rangka pipa baja mengelilingi mobil tersebut.

"Rangka pipa baja untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan," tutur Tri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.