Sukses

Hasil Pemeriksaan Psikologi MS, Korban Bullying dan Pelecehan Seksual Pegawai KPI Diserahkan ke Polisi

MS, korban pelecehan seksual dan perundungan oleh rekan kerjanya di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menyelesaikan pemeriksaan psikologi oleh dokter Psikiatri Rumah Sakit (RS) Polri.

Liputan6.com, Jakarta - MS, korban pelecehan seksual dan perundungan oleh rekan kerjanya di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menyelesaikan pemeriksaan psikologi oleh dokter Psikiatri Rumah Sakit (RS) Polri.

"Alhamdulillah usai pemeriksaan psikis ke-6 kemarin, Kamis (14/10/2021). Tim Dokter psikiatri forensik RS Polri menyatakan pengambilan keterangan MS dan keluarganya (istri, ibu, kakak) sudah cukup," kata Kuasa Hukum MS, Mualimin dalam keteranganya, Selasa (19/10/2021).

Mualimin mengatakan, saat pemeriksaan, MS kerap menangis ketika dokter memberikan pertanyaan yang berulang-ulang mengenai peristiwa pelecehan seksual yang terjadi di kantornya.

"Setiap pemeriksaan MS menangis, mengalami kambuh trauma, dan guncangan emosi akibat pertanyaan yang berulang ulang mengenai kejadian penelanjangan dan pencoretan alat kelamin," ujarnya.

MS, kata Mualimin, tak sanggup mengingat dan menceritakan kembali pelecehan seksual yang menimpanya. "Baginya sungguh sangat memalukan dan menjatuhkan martabat dirinya sebagai manusia, pria, dan kepala rumah tangga," tambahnya.

Hasil pemeriksaan psikologi MS tersebut kemudian diserahkan ke Polres Metro Jakarta Pusat.

"Kesimpulan dan catatan akhir dari tim dokter selanjutnya langsung diserahkan ke Penyidik Polres Jakarta Pusat untuk dijadikan dasar bertindak memproses laporan pelecehan seksual dan perundungan di KPI," tuturnya.

Dengan adanya hasil tersebut, Mualimin berharap hasilnya objektif dan meyakinkan agar penyidik segera menaikkan status kasus menjadi penyidikan dan para terlapor segera dimintai keterangan lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Korban

Sebelumnya, kasus pelecehan dan perundungan yang dialami MS oleh sesama rekan pegawai KPI yang saat ini telah ditangani Polres Metro Jakarta Pusat. Kasus ini mencuat setelah sepucuk surat yang menceritakan MS alami pelecehan dan perundungan sepanjang 2012-2014.

"Selama 2 tahun saya dibully dan dipaksa untuk membelikan makan bagi rekan kerja senior. Mereka bersama sama mengintimidasi yang membuat saya tak berdaya. Padahal kedudukan kami setara dan bukan tugas saya untuk melayani rekan kerja. Tapi mereka secara bersama-sama merendahkan dan menindas saya layaknya budak pesuruh."

MS yang bekerja di kantor KPI Pusat sejak 2011 juga mengaku dipukul, dimaki dan direndahkan terus menerus dan berulang-ulang sehingga merasa tertekan, stres dan sakit.

"Puncaknya pada tahun 2015, mereka beramai-ramai memegangi kepala, tangan, kaki, menelanjangi, memiting, melecehkan saya dengan mencorat-coret buah zakar saya memakai spidol. Kejadian itu membuat saya trauma dan kehilangan kestabilan emosi. Kok bisa pelecehan jahat macam begini terjadi di KPI Pusat? Sindikat macam apa pelakunya? Bahkan mereka mendokumentasikan kelamin saya dan membuat saya tak berdaya melawan mereka setelah tragedi itu. Semoga foto telanjang saya tidak disebar dan diperjualbelikan di situs online," tuturnya.

"Pelecehan seksual dan perundungan tersebut mengubah pola mental, menjadikan saya stres dan merasa hina, saya trauma berat, tapi mau tak mau harus bertahan demi mencari nafkah. Harus begini bangetkah dunia kerja di KPI? Di Jakarta?" imbuhnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.