Sukses

Bertolak ke Kalimantan Utara, Jokowi Akan Tanam Mangrove dan Beri Bantuan PKL

Jokowi bersama para duta besar, pegiat lingkungan, dan masyarakat akan menanam mangrove di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara, hari ini Selasa, (19/10/2021). Jokowi dijadwalkan melakukan penanaman mangrove hingga membagikan bantuan kepada para pedagang kaki lima (PKL).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Kalimantan Utara melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Anang Busra Kota Tarakan, Jokowi akan melanjutkan penerbangan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU. Kemudian, dilanjutkan menaiki kapal cepat untuk menuju Kabupaten Tana Tidung.

Dia akan melakukan penanaman pohon mangrove di Desa Bebatu Kabupaten Tana Tidung. Kegiatan ini akan dilakukan bersama para duta besar, penggiat lingkungan, dan masyarakat.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Kota Tarakan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi secara pintu ke pintu di Kelurahan Karang Rejo dan vaksinasi untuk pelajar di SMPN 1 Kota Tarakan.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Jokowi diagendakan akan menyerahkan bantuan kepada para pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Kuliner Sebengko, Kota Tarakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan pemerintah akan melakukan rehabilitasi mangrove di kawasan-kawasan pesisir. Hal ini untuk melestarikan kawasan hutan mangrove, serta mengantisipasi dan memitigasi perubahan iklim dunia.

"Melalui penanaman mangrove ini, kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi," kata Jokowi usai meninjau Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat 8 Oktober 2021.

Selain itu, Jokowi berharap rehabilitasi mangrove dapat menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan baik di lingkungan pesisir maupun habitat di pantai. Sehingga, produksi ikan dan hasil laut dapat meningkat.

"Kita harapkan nanti ada peningkatan dr baik produksi ikan dan hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.