Sukses

Spanduk Airlangga Hartarto Bermunculan di Banten, Ternyata Ini Penyebabnya

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.

Liputan6.com, Jakarta Bermunculannya spanduk bergambar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di warung-warung ternyata adalah salah satu program dari UMKM usAHA. Sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga Hartarto dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Hellen Noya, Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang membenarkan status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA.

"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena Beliau adalah pembina dari UMKM usAHA. Ini merupakan inisiatif kami, karena Beliau memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," jelas Hellen kepada wartawan di Tangerang, Minggu (17/10/2021).

Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan, UMKM usAHA ini bukanlah program pemerintah atau bagian dari kegiatan kampanye partai. Menurutnya UMKM usAHA adalah kelompok atau komunitas yang dibentuk untuk pemberdayaan UMKM.

Helen mengatakan, saat ini ada 520 UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Kota Tangerang. Sementara untuk wilayah Banten totalnya ada 1506 UMKM, yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.

"Kedepan kita ada beberapa program lain seperti usAHA bantu usaha, itu upaya membantu pelaku usaha super mikro yang benar-benar membutuhkan untuk menjalankan usaha," terang Helen.

"Misalnya ada yang gerobaknya rusak sehingga tidak bisa jualan, itu kita bantu secara swadaya. Program ini baru akan jalan bulan ini, kemarin sih ujicobanya di Solo sudah berjalan, " pungkas Helen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikut Pelatihan usAHA

Sebelumnya, spanduk berwajah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto muncul di warung-warung di Kota Tangerang, Banten.

Sejumlah pedagang mengatakan, warung atau usaha mereka yang dipasangi spanduk adalah yang pernah mengikuti pelatihan wirausaha maju, kemudian bergabung dengan komunitas UMKM usAHA yang pembinanya adalah Airlangga Hartarto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.