Jakpro: Formula E di Jakarta Tak Hanya Digelar dalam Satu Acara

Oleh Ika Defianti pada 16 Okt 2021, 20:58 WIB
Diperbarui 16 Okt 2021, 20:58 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi pernyataan terkait status tuan rumah Formula E 2020. (Liputan.com/Edu Krisnadefa)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko menyatakan pihaknya akan memaksimalkan penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E untuk meningkatkan perekonomian.

Kata dia, penyelenggaraan yang akan berlangsung pada 4 Juni 2022 tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan.

"Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022," kata Kartiko di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Menurut dia, nantinya kegiatan itu akan melibatkan para UMKMĀ dan pelaku ekonomi lainnya. Kendati begitu, Kartiko tidak menjelaskan secara detail acara yang diselenggarakan saat Formula E.

"Kami berharap, balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik atas pengumuman Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik atau Formula E pada tahun 2022. Rencananya, penyelenggaraan tersebut akan berlangsung pada 4 Juli 2022.

"Jakarta menyambut baik. Bahwa sudah diumumkan kita jadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni tanggal 4 2022," kata Anies di kawasan Jakarta Utara, Sabtu.

Kendati begitu mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak menjelaskan secara gamblang. Kata dia, nantinya akan ada pengumuman detail dari pihak penyelenggaraan terkait Formula E.

"Kan udah diumumkan kan tadi (soal Formula E), gubernur urusin rakyat, Tanah Merah," jelas dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Resmi Jadi Tuan Rumah Balap Formula E

Jakarta telah resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo mengapresiasi tinggi atas terpilihnya Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan. Sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya