Sukses

Gempa Magnitudo 4,8 Bali, Guncangan Kuat Terasa di Kota Denpasar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejumlah lokasi terdampak gempa berkekuatan magnitudo 4,8 di Provinsi Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejumlah lokasi terdampak gempa berkekuatan magnitudo 4,8 di Provinsi Bali. Wilayah Kota Denpasar turut mengalami guncangan kuat.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, guncangan kuat dirasakan di beberapa wilayah.

"Menurut keterangan BPBD Kabupaten Bangli, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga selama 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi," tutur Muhari dalam keterangannya, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Muhari, longsor terjadi di Kabupaten Bangli hingga menimbun jalur evakuasi. Sementara di Kabupaten Karangasem, tujuh warga mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

"Guncangan juga dirasakan sedang hingga kuat selama 3 hingga 5 detik di Kabupaten Karangasem, sedangkan guncangan kuat selama 5 detik dirasakan di Kota Denpasar," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Orang Meninggal Dunia

Dalam peristiwa itu, tercatat ada tiga korban meninggal dunia dengan rincian satu warga Karangasem dan dua dari masyarakat Bangli. Pusdalops BNPB masih terus memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD terdampak untuk mendapatkan informasi terkini.

"Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Di samping itu, warga diharapkan tidak terpancing oleh informasi hoaks, khususnya yang beredar di media sosial," Muhari menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.