Sukses

Puan Minta Satgas COVID-19 Waspadai Pihak yang Berusaha Mengelabui Aturan Karantina

Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti maraknya kasus joki karantina bagi pelaku perjalanan internasional sehingga Satgas COVID-19 harus makin awas terhadap potensi kasus pengelabuan prokes karantina.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti maraknya kasus joki karantina bagi pelaku perjalanan internasional sehingga Satgas COVID-19 harus makin awas terhadap potensi kasus pengelabuan prokes karantina.

Ia pun meminta Satgas COVID-19 menegakkan aturan karantina dengan ketat termasuk  melakukan tes PCR ulang bagi orang yang baru datang dari luar ngeri.

"Waspadai pihak-pihak yang berusaha mengelabui aturan karantina. Kami harap petugas memberi sanksi bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran UU Kekarantinaan," ujar  Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Dalam aturan terbaru Satgas COVID-19, bahwa pelaku perjalanan internasional hanya perlu menjalani karantina selama 5 hari jika dinyatakan negatif setelah melakukan tes ulang PCR.

Puan menilai saat ini aturan makin dipermudah. Oleh karena itu, seharusnya kedisplinan makin membaik.

Untuk itu, Puan menegaskan perlu kerja sama yang optimal dari semua pihak untuk menegakkan aturan protokol kesehatan agar oknum-oknum tidak memanfaatkannya untuk mengambil keuntungan.

"Optimalkan kerja sama dengan pihak TNI/Polri agar aturan karantina tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan, termasuk juga kasus-kasus pemalsuan tes PCR harus dikawal sebaik mungkin," kata Puan seperti dikutip dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Atlet PON XX

Ia juga meminta pengertian dari masyarakat Indonesia dan WNA terkait dengan adanya aturan karantina. Hal ini mengingat disiplin terhadap aturan prokes.

"Kita perlu lihat bagaimana atlet maupun ofisial pada PON XX Papua yang disiplin mengikuti aturan. Meski mereka datang dengan tujuan mulia berjuang bagi daerahnya, semua kontingen tertib menjalani karantina sebelum maupun setelah tiba di lokasi penyelenggaraan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.