Sukses

Komaruddin PDIP Panggil Sumbogo, Ingatkan Komitmen Partai Terkait Capres

Komaruddin Watubun mengaku pihaknya meminta keterangan kepada pengurus partai di Jawa Tengah yaitu Albertus Sumbogo.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP bidang kehormatan, Komaruddin Watubun mengaku pihaknya meminta keterangan kepada pengurus partai di Jawa Tengah yaitu Albertus Sumbogo, yang mendeklarasikan kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Namun kata dia, bukan hanya Albertus yang dipanggil oleh DPP PDIP.

"Kita panggil untuk klarifikasi yang bersangkutan. Namun kita tadi panggil juga beberapa anggota DPR RI yang kurang aktif rapat karena alasan pandemi," kata Komaruddin dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/02021).

Kata dia, pemanggilan itu dilakukan sebagai mekanisme internal partai. Sebab terkait calon presiden dan wakil presiden keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sebagaimana komitmen partai.

Lanjut Komaruddin, partainya telah meminta setiap kader untuk bersabar menunggu keputusan akhir terkait capres dan cawapres.

"Partai sungguh-sungguh menyiapkan calon pemimpin dan segala sesuatunya dilakukan dengan kalkulasi yang matang. Bagi anggota Partai yang tidak sabar dan bertindak diluar koridor mekanisme yang ada, tentu saja disiplin akan ditegakkan," ucapnya.

Kendati begitu, Komarudin menyatakan pendisiplinan juga diterapkan untuk kader PDIP yang melakukan tindak pidana korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan berbagai pelanggaran terhadap AD/ART Partai.

"Bahkan yang tak taat protokol covid saja diklarifikasi kok. Pengurus partai yang tak hadir rapat beberapa kalipun diklarifikasi. Beberapa anggota DPR RI yang kurang aktif rapat karena alasan pandemi juga diklarifikasi," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipanggil DPP PDIP

Sebelumnya, DPP PDIP memanggil Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Albertus Sumbogo Jumat, 15 Oktober 2021.

Pemanggilan ini imbas sikap Albertus yang menyatakan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Ya, benar (dipanggil DPP PDIP)," kata Albertus saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Albertus mengatakan, tak lama lagi dirinya bakal sampai di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

"Ini sebentar lagi sampai DPP," ujarnya.

Albertus Sumbogo merupakan Ketua DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.