Sukses

Menkominfo: Kami Akan Ambil Langkah Tegas untuk Berantas Pinjol Ilegal

Menkominfo menyebut penindakan tegas terhadap pinjol ilegal telah dilakukan Kominfo sejak 2018. Sejak 2018, kata dia, Kominfo telah menutup 4.874 akun pinjol ilegal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menekankan bahwa pemerintah serius dan akan melakukan tindakan tegas untuk memberantas pinjaman online (pinjol) ilegal. Pasalnya, pinjol ilegal yang memberikan bunga tinggi kini mulai meresahkan.

"Kami akan mengambil langkah-langkah tegas dan tanpa kompromi untuk membersihkan ruang digital dari praktik-praktik pinjol ilegal atau pinjaman online tidak terdaftar yang dampaknya begitu serius," kata Johnny usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Dia memastikan, Kapolri dan jajarannya akan melakukan penahanan, penindakan dan proses hukum yang tegas terhadap semua tindak pidana pinjaman online ilegal. Hal ini karena korban dari pinjol ilegal adalah masyarakat kecil, khususnya dari sektor ultramikro dan UMKM.

"Kami tidak akan membuka ruang dan kompromi untuk itu," katanya.

Johnny menyebut penindakan tegas terhadap pinjol ilegal telah dilakukan Kominfo sejak 2018. Sejak 2018, kata dia, Kominfo telah menutup 4.874 akun pinjol ilegal.

"Tahun 2021 saja yang telah ditutup 1.856 yang tersebar di website, Google Play Store dan Youtube, Facebook dan Instagram serta di file sharing," ujar Johnny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk forum ekonomi digital

Johnny mengatakan, Kominfo juga membentuk forum ekonomi digital yang setiap bulannya melakukan pertemuan untuk membicarakan pengembangan, peningkatan dan pemutakhiran ruang-ruang digital dan transaksi-transaksi ekonomi digital. Termasuk, membicarakan pinjaman online dan penangkalan pinjol ilegal.

"Sekali lagi, Kominfo akan membersihkan ruang digitalnya, melakukan proses take down secara tegas dan cepat," tegas Johnny.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku kerap mendengar keluhan masyarakat soal tindak pidana keuangan hingga pinjaman online atau pinjol dengan bunga yang mencekik. Dia pun meminta agar pinjaman online dikawal dengan baik.

"Saya mendengar masyarakat bawah tertipu oleh bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya, ini harus dikawal sebab agar perokonomian tumbuh sehat," tutur Jokowi saat memberikan keynote speech dalam acara OJK Virtual Innovation Day, Senin 11 Oktober 2021.

3 dari 3 halaman

Pinjol Menjamur, Utang Menumpuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.