Jokowi: Labuan Bajo Siap Sambut Kedatangan Wisatawan, Segera Lakukan Promosi

Oleh Lizsa Egeham pada 15 Okt 2021, 11:03 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 11:03 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin sebagai dua dari sekian banyak spot pariwisata unggulan di Labuan Bajo. (Dok Kementerian PUPR)
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin sebagai dua dari sekian banyak spot pariwisata unggulan di Labuan Bajo. (Dok Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan wajah Labuan Bajo kini telah berubah setelah dilakukan penataan di sejumlah kawasan. Dengan rampungnya penataan kawasan, Jokowi menyampaikan bahwa kini Labuan Bajo siap menyambut para wisatawan.

"Dengan wajah yang telah berubah itu, Labuan Bajo telah siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan," kata Jokowi dikutip dari akun Instagram @jokowi, Jumat (15/10/2021).

Adapun penataan dilakukan di Kawasan Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo.

Saat ini, kata Jokowi, Labuan Bajo memiliki sejumlah fasilitas seperti hotel, pusat suvenir, creative hub, amfiteater, plaza, citywalk dan ruang-ruang publik.

"Infrastruktur pendukung pariwisata seperti jalan di sekitar kawasan, serta pelabuhan yang khusus melayani pinisi, yacht, dan cruise sudah siap," jelasnya.

Jokowi pun meminta jajarannya agar melalukan promosi besar-besaran. Dia juga memerintahkan agar Labuan Bajo disiapkam untuk penyelenggaraan event nasional maupun internasional.

"Sekarang, yang perlu segera dilakukan adalah promosi, dan menyiapkan Labuan Bajo untuk penyelenggaraan ajang-ajang nasional dan internasional, termasuk menjadi pendukung penyelenggaraan KTT G20 dan KTT ASEAN di tahun 2023," ujar Jokowi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Super Premium

Sebelumnya, Jokowi berkomitmen menjadikan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super premium. Nantinya, kata dia, segmen wisatawan yang berlibur ke kawasan ini yakni yang memiliki pengeluaran lebih besar.

Menjadi kawasan super premium, tentunya konsep pengembangan Labuan Bajo akan berbeda dengan kawasan wisata lainnya. Jokowi sendiri ingin adanya diferensiasi antara Labuan Bajo dengan detinasi wisata lainnya.

"Kita harapkan disini belanjanya lebih besar, stay-nya tinggalnya lebih lama, kita harapkan itu. Artinya bukan jumlah turisnya, tapi spendingnya belanjanya yang lebih banyak," ucap Jokowi di Plataran Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Senin 20 Januari 2020.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya