Sukses

Momen Jokowi dan Iriana Datangi Tempat Terbaik Nikmati Senja di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana berkunjung ke Kompas Bajo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyempatkan berkunjung ke Kompas Bajo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis sore (14/10/2021). Konon, Kompas Bajo yang berada di Kawasan Puncak Waringin merupakan tempat terbaik untuk menikmati senja di Labuan Bajo.

Yori Antar, arsitek yang mendesain Kompas Bajo, menyebutnya sebagai tempat terbaik untuk menikmati Kawasan Labuan Bajo. Hal ini disampaikan Yori bukan tanpa alasan, melainkan karena dari tempat itu pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam tiga kali lebih baik dari tempat lainnya.

"Di sini kita bisa melihat matahari terbenam, siluet pulau-pulau, dan siluet ratusan kapal pinisi," ucap Yori dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Adapun Kompas Bajo dibangun dengan arsitektur bergaya rumah adat Manggarai. Bangunan dengan atap berbentuk kerucut ini juga merupakan creative hub bagi komunitas ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Timur, khususnya Labuan Bajo, yang berisi pusat cendera mata, sentra tenun ikat, lounge, pusat suvenir, dan sebagainya.

Sebelumnya, Jokowi meresmikan penataan Kawasan Puncak Waringin, Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo, Kamis hari ini. Dia melihat wajah Labuan Bajo telah berubah total usai penataan besar-besaran.

Kini, infrastruktur di Labuan Bajo telah lengkap, seperti bandara yang tahun depan akan dikembangkan landasan pacu dan terminalnya. Tak hanya itu, Labuan Bajo juga memiliki hotel berbintang, pusat suvenir, creative hub, amfiteater, plaza, citywalk_ dan ruang-ruang publik yang lainnya semuanya sudah diperbaiki.

"Saya melihat perubahan wajah itu kelihatan sekali, juga infrastruktur pendukung pariwisata seperti jalan di sekitar kawasan, serta pelabuhan yang khusus melayani pinisi, yacht, dan _cruise_ ini sudah siap semuanya," tutur Jokowi saat peresmian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi minta promosi besar-besaran kawasan Labuan Bajo

Jokowi menyampaikan, saat ini Labuan Bajo siap untuk menyambut para wisatawan. Dengan rampung penataan sejumlah kawasan ini, dia meminta jajarannya untuk segera melakukan promosi besar-besaran terkait pariwisata Labuan Bajo.

Selain itu, Jokowi memerintahkan segera menyiapkan Labuan Bajo untuk penyelenggaraan ajang-ajang nasional dan internasional. Salah satunya, untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022.

"Nantinya ini akan menjadi pendukung penyelenggaraan KTT G20 dan juga nanti akan kita pakai untuk KTT ASEAN di 2023," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Labuan Bajo