Sukses

Jokowi Sebut Labuan Bajo Berubah Total Usai Penataan Besar-besaran

Jokowi mengatakan, saat ini Labuan Bajo siap untuk menyambut para wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan penataan Kawasan Puncak Waringin Kawasan Batu Cermin, dan delapan ruas jalan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (14/10/2021). Jokowi melihat wajah Labuan Bajo telah berubah total usai penataan besar-besaran.

Kini, infrastruktur di Labuan Bajo telah lengkap, seperti bandara yang tahun depan akan dikembangkan landasan pacu dan terminalnya. Tak hanya itu, Labuan Bajo juga memiliki hotel berbintang, pusat suvenir, creative hub, amfiteater, plaza, citywalk_ dan ruang-ruang publik yang lainnya semuanya sudah diperbaiki.

"Saya melihat perubahan wajah itu kelihatan sekali, juga infrastruktur pendukung pariwisata seperti jalan di sekitar kawasan, serta pelabuhan yang khusus melayani pinisi, yacht, dan _cruise_ ini sudah siap semuanya," kata Jokowi saat peresmian, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Dia bersyukur penataan sejumlah kawasan Labuan Bajo yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan telah rampung. Jokowi mengatakan saat ini Labuan Bajo siap untuk menyambut para wisatawan.

"Alhamdulillah pembangunan berbagai infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Labuan Bajo telah selesai dan Labuan Bajo telah siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan," ujar Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta promosi Besar-besaran

Dengan rampung penataan sejumlah kawasan ini, Jokowi meminta jajarannya untuk segera melakukan promosi besar-besaran terkait pariwisata Labuan Bajo. Selain itu, Jokowi memerintahkan segera menyiapkan Labuan Bajo untuk penyelenggaraan ajang-ajang nasional dan internasional.

"Nantinya ini akan menjadi pendukung penyelenggaraan KTT G20 dan juga nanti akan kita pakai untuk KTT ASEAN di 2023," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Puncak Waringin dilakukan mulai Agustus 2019 dan selesai pada Maret 2021 dengan luas kawasan yang ditata mencakup 0,39 hektare.

Sementara KSPN Batu Cermin mulai mendapatkan penataan pada Maret 2020 dan selesai pada Maret 2021 dengan luas area yang dilakukan penataan mencapai 2,9 hektare.

Sebelumnya, saat akan menuju Puncak Waringin, Jokowi meminta untuk mengunjungi Pantai Marina terlebih dahulu. Di lokasi ini, Presiden meninjau penataan KSPN Pantai Marina Bukit Pramuka, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Ketika melakukan peninjauan, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat.

3 dari 3 halaman

3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Labuan Bajo