Sukses

Sandiaga: Melestarikan Budaya, Peningkatan Kreativitas, Membuka Kesempatan Lapangan Kerja

Sandiaga menegaskan, melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanidaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Rejowinangun, Yogyakarta. Dalam kunjungannya, ia disambut dengan kemeriahan pertunjukan wayang kulit yang dipentaskan oleh dalang cilik . 

Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga seorang youtuber dengan konten wayang, Sandi menuturkan, sang dalang cilik Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku belajar ngedalang sejak berusia 3,5 tahun secara otodidak. Alby begitu dia akrab disapa selalu mengenalkan keahlian mendalangnya di Youtubenya.

Alby mengungkapkan konten YouTubenya dibuat untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan wayang yang digelutinya.

“Ini saya subcribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang melestarikan budaya nasional," kata Sandiaga yang mensubscribe akun Alby hingga naik menjadi 1.000 subscriber. 

Alby adalah keturunan ke-9 dari Mbah canggahnya sang kakek buyutnya merupakan dalang ternama namanya Mbah Gondo. Saking cintanya dengan wayang sampai ada pendopo kecil di rumah dengan pajangan wayang.

Alby sering mengikuti lomba dan beberapa kali memenangkan perlombaan. Dia punya prinsip sekolah dan wayang harus seimbang. Setelah pulang sekolah, sanggar atau mengaji, dia mengisi konten YouTube dengan wayang yang direkam seadanya lewat HP orang tuanya.

“Saya bantu promosikan ya biar subscribernya bertambah," ujar Sandiaga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Curhat kepada Sandiaga

Sandi menegaskan, melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak khususnya budaya wayang seperti yang dilakukan oleh Alby. "Melestarikan budaya wayang mulai dari anak-anak jadi kita support, juga creativeness. Nanti saya akan ajak Alby untuk tampil di Washington DC, USA,” terang Sandiaga Uno

Untuk menambah kreativitas, Mas Menteri membelikan wayang pandawa lima untuk Alby. Dia mengordernya langsung di pengrajin wayang Desa Rejowinangun di sentra kerajinan desa. 

Selain membelikan wayang untuk Alby sebagai bekal, Sandiaga juga akan membelikan ponsel canggih untuk digunakan membuat konten wayang di YouTube Alby. 

Alby juga curhat ke Sandiaga yang meminta kontennya dipromosikan.

“Ayo pak promosikan bilang suruh subcribe dan follow konten alby,” tuturnya.

Alby juga mengaku hanya perlu dipromosikan supaya anak-anak Indonesia bisa mengenal kesenian wayang sehngga kesenian ini tidak punah dimakan zaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.