Sukses

Pamerkan Lukisan Terbaru, SBY Bicarakan Kontemplasi

SBY menyatakan, dalam perjalanan hidupnya, dia terbiasa memetik hikmah dan belajar dari apa yang telah terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali memamerkan karya lukisan teranyarnya. Lewat akun Instagram resmi mendiang sang istri, @aniyudhoyono, guratan cat di atas kanvas miliknya kali ini dinamakan 'I Understand More the Meaning of Life'.

"Hari ini, di weekend yang tenang, saya mengekspresikan diri saya (dalam lukisan) ketika tengah melakukan kontemplasi, tafakur," tulis SBY, seperti dikutip Liputan6.com pada Minggu (10/10/2021).

Lewat karyanya kali ini, SBY coba melukiskan sebuah pemandangan kilau mentari dengan hamparan pemandangan berwarna. Terlihat, seorang berambut pendek dan berbaju biru tengah menatap pemandangan tersebut.

Dalam deskripsinya, SBY menyatakan, dalam perjalanan hidupnya, dia terbiasa memetik hikmah dan belajar dari apa yang telah terjadi.

"Suka-duka, anugerah-musibah, sukses-gagal," tutur SBY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SBY Tekuni Hobi Melukis Selama PPKM di Masa Pandemi Covid-19

Wasekjen Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon memamerkan lukisan karya Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang digarap selama kebijakan pemberlakukan PPKM di masa pandemi Covid-19.

Lewat akun Twitternya @jansen_jsp, lukisan pertama yang ditunjukkan berjudul "Debur Ombak di Pantai Pacitan".

"Fresh dari studio beliau. Lukisan terbaru Pak SBY pagi ini. Saya tanya Uda Ossy apa judulnya "Debur Ombak Di Pantai Pacitan". Acrylic, 60X90 cm. Sebenarnya ini masih "trial" memakai kanvas dan kuas jenis baru (Winsor & Newton type Professional Galeria), sehat selalu ayahanda," tulis Jansen yang dikutip pada Minggu (8/8/2031).

Pada foto yang diunggah Jansen, SBY tampak berdiri di samping karyanya mengenakan baju berwarna hitam dengan topi berwarna senada, dan celana abu-abu.

Karya SBY yang lain juga ditunjukkan Jansen, lukisan itu menurutnya bertema alam yang mencerminkan keindahan alam Pacitan, Jawa Timur.

"Saya sudah lihat beberapa lukisan Pak SBY yang lahir selama pandemi ini, memang banyak "diilhami Pacitan", tempat kelahirannya yang memang indah sekali banyak pantai dan gunung-gunung," kata Jansen.

Tak hanya bertema alam Pacitan, SBY juga disebut Jansen melukis keindahan Merapi, Yogyakarta.

"Termasuk Pak SBY sdh melahirkan 2 lukisan tentang "Merapi" yang dulu dekat dengan kesehariannya sebagai Danrem Jogya," tulisnya.

Jansen menyebut kegiatan SBY selama pandemi dan masa tuanya adalah melukis di studio pribadinya di Cikeas, Jawa Barat.

"Inilah kegiatan pak SBY selama menjalani PPKM ini dan hari tuanya. Melukis di studio di Cikeas," pungkas Jansen.

3 dari 3 halaman

Singgasana Demokrat Terbelah Dua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.