Sukses

Kasus Covid-19 di PON XX Papua Jadi 59 Orang, 10 Sudah Sembuh

Satgas Covid-19 Papua mengakui bahwa penerapan protokol kesehatan di gelaran PON XX tidak ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Covid-19 pada ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua kembali bertambah.

Data per hari ini, Sabtu (9/10/2021) pukul 08.30 WIT, kasus Covid-19 klaster PON Papua bertambah dua orang, sehingga totalnya menjadi 59 orang.

"Tambahan 2 kasus positif Covid-19 berasal dari Kabupaten Mimika 1, Kabupaten Jayapura 1," kata  Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Papua, Silwanus Sumule, Sabtu.

Dari total 59 kasus positif Covid-19 klaster PON Papua itu, 10 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Dia menjelaskan, 59 kasus positif Covid-19 itu tersebar di empat klaster PON XX Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Khusus di Kota Jayapura, tercatat ada 17 kasus positif Covid-19, 2 di antaranya sudah sembuh. Sementara di Kabupaten Mimika terdapat 14 kasus positif Covid-19, 8 sudah sembuh.

Kemudian di Kabupaten Jayapura tercatat 17 kasus positif Covid-19 dan Kabupaten Merauke 11 kasus positif Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satgas Covid-19 Papua Akui Prokes PON XX Tidak Ketat

Sebelumnya, Silwanus mengakui penerapan protokol kesehatan (prokes) pada penyelenggaraan PON XX sejak acara pembukaan, 2 Oktober 2021 tidak ketat. Hal ini disebabkan masyarakat sangat euforia terhadap perhelatan PON tersebut.

"Kami akui, beberapa hari terakhir ini apalagi saat pembukaan prokesnya agak longgar dan kami betul-betul menyadari. Oleh karena euforia yang berlebihan, masyarakat kami betul-betul menantikan ada satu pagelaran, ada satu acara besar yang sudah lama sekali mereka nantikan," ungkapnya dalam diskusi virtual, Jumat (8/10/2021).

Namun saat ini, protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik. Masyarakat yang menyaksikan pertandingan olahraga pada PON XX sudah bisa diatur.

 

Reporter: Titin Supriatin

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.