Sukses

Muzani: Pak Prabowo Ingin Kader Gerindra Teladani Perjuangan Pangeran Diponegoro

Itulah sebab dalam setiap acara, Partai Gerindra selalu memasang foto-foto para pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani berziarah ke makam pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro di Makassar, Jumat (8/10/2021). Ia diterima dan berdiskusi dengan salah satu keturunan Pangeran Diponegoro, Raden Hamzah Diponegoro.

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Aras dan jajaran anggota DPRD Sulsel lainnya serta anggota Komisi IV DPR Azikin Sultan, anggota Komisi II DPR  Prasetyo Hadi dan sejumlah pengurus DPP Gerindra lainnya seperti Wasekjen Fauzi Baadila.

Muzani menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Raden Hamzah karena telah memberikan sambutan hangat dalam rangka ziarah DPP Partai Gerindra ke makam Pangeran Diponegoro. Cerita demi cerita terus disampaikan tentang perjuangan Pangeran Diponegoro di Pulau Jawa hingga ia diasingkan ke Makassar. 

"Dalam sejarah yang kita baca, perang Diponegoro adalah salah satu perang terbesar yang menyebabkan pemerintahan kerajaan Belanda bangkrut. Perang ini menelan korban yang besar dari kedua belah pihak, jadi perang yang paling besar, paling lama dengan perjuangan yang panjang. Perlawanan dan perjuangan Pangeran Dipononegoro di tanah Jawa dalam melawan Belanda sangat luar biasa, sejak 1825 sampai 1830, selama 5 tahun tanpa henti berperang di tanah Jawa," kata Muzani dalam keterangan tertulisnya.

Muzani mengatakan, sejarah ini yang kemudian oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ingin agar seluruh kader Gerindra meneladani perjuangan dan keteladanan para pahlawan seperti halnya Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanudin, dan semua pahlawan nasional lainnya dalam memperjuangkan keadilan melawan penjajah pada masanya. Meski telah diasingkan, semangat perlawanan Pangeran Diponegoro tak pernah surut. 

"Itulah mengapa dalam setiap acara Partai Gerindra, kami selalu memasang foto-foto para pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanusin dan para pahlawan lainnya. Pak Prabowo selalu menyampaikan kepada kami bahwa para pahlawan yang wajahnya terpampang itu bukan sekadar penghias dinding dan ruangan, tapi kata Pak Prabowo ingin agar kita semua seluruh kader Gerindra bisa meneladani perjuangan mereka," ujar Muzani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Cita-Cita Pahlawan

Sekjen Gerindra itu pun berharap, agar seluruh kader Gerindra bisa melanjutkan cita-cita dan semangat perjuangan pahlawannya seperti Pangeran Diponegoro dalam setiap lembar sejarahnya. Generasi penerus, harus memupuk semangat yang kuat untuk memperjuangkan Indonesia yang adil makmur dan sejahtera. 

"Maka saya kira kita sebagai generasi penerus harus menghormati perjuangan para pahlawan. Ziarah yang dilakukan ini adalah bagian dari cara kami menghormati perjuangan beliau," kata dia.

"Harapannya, kita bisa meneladani dan meneruskan atas apa yang telah dirintis oleh para pahlawan itu. Inilah yang diharapkan oleh Pak Prabowo kepada kader-kader Gerindra untuk dapat memupuk semangat yang tinggi dalam membela kepentingan rakyat, bangsa, dan negara dalam setiap jabatan yang kita pikul. Sehingga cita-cita perjuangan menjadikan Indonesia adil dan makmur sudah tercapai," terang Ketua Fraksi Gerindra di DPR itu. 

Dalam kegiatan ziarah ini, makam Pangeran Diponegoro dan seluruh keterunanannya tampak terawat dan terjaga dengan baik. Selama satu jam Muzani dan jajaran DPP Gerindra berziarah ke makam Pangeran Diponegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.