Sukses

BNPB Benarkan 29 Atlet dan Ofisial PON XX Papua Terpapar Covid-19

Ia menyebutkan 29 atlet dan ofisial yang terpapar Covid-19 tersebut dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membenarkan sebanyak 29 atlet dan ofisial dari berbagai daerah terpapar Covid-19 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

"Kita sudah monitor itu dan memang benar ada 29 atlet dan ofisial yang terkena Covid-19," kata Supervisor Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura sekaligus Tenaga Ahli BNPB Marsekal Muda Asep Chaerudin di Jayapura, Kamis (7/10/2021).

Marsekal Muda Asep mengatakan terhadap 29 atlet dan ofisial yang terpapar sudah dilakukan tindakan dan penanganan langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Ia menyebutkan 29 atlet dan ofisial yang terpapar Covid-19 tersebut dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

"Jadi semuanya sudah kita isolasi agar mendapatkan perawatan," ujar dia seperti dikutip Antara.

Ketika ditanya apakah atlet dan ofisial tersebut terpapar varian baru atau bukan, Marsekal Muda Asep belum mengetahui dengan pasti.

Sementara itu, berdasarkan data dari Panitia Besar (PB) PON XX, jumlah yang terpapar Covid-19 yakni 24 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, wasit, dan panitia pelaksana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabang dan Daerah Asal

Lebih rinci, untuk Kota Jayapura terdapat 10 orang yang terpapar, tujuh pasien berasal dari Kabupaten Jayapura, tiga di Kabupaten Mimika dan empat lagi di Kabupaten Merauke.

Para atlet, pelatih, wasit dan panitia pelaksana yang terpapar tersebut berasal dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jambi, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Papua.

Seluruhnya berasal dari cabang olahraga sepatu roda, sofbol, kriket, panahan, bola basket, judo, wushu dan catur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.