Anies Baswedan: Pembangunan Kampung Susun untuk Warga Gusuran di Bukit Duri

Oleh Ika Defianti pada 07 Okt 2021, 15:27 WIB
Diperbarui 07 Okt 2021, 15:43 WIB
FOTO: Anies Baswedan Penuhi Panggilan KPK
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengacungkan jempol saat tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (21/9/2021). Anies akan menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul pada tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Rumah Susun (Rusun) Cakung di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, akan diperuntukkan bagi warga gusuran di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Hal tersebut disampaikan Anies saat pencanangan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung pada Kamis (7/10/2021).

"Saya sampaikan bahwa di tempat ini, dibangun kampung susun produktif tumbuh Cakung, yang akan memfasilitasi 75 kepala keluarga yang semula tinggal di Bukit Duri yang menjadi korban penggusuran pada bulan September 2016," kata Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, Jakarta merupakan kota untuk semua warga. Kata dia, semua orang berhak mempunyai tempat tinggal yang layak huni.

"Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang ber-uang tetapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak, harus," ucapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ramah Lingkungan

Nantinya, kata Anies, pembangunan kampung tersebut dapat menunjang penghuninya bekerja dari rumah. Dia juga menyebut itu untuk menunjang masyarakat yang melakukan work from home (WFH).

"Efeknya ketika harus WFH mereka kesulitan untuk bekerja dari rumah. Pengalaman ini menjadi pengalaman untuk kita," ujar dia.

Selain itu, Anies juga menyatakan rancangan kampung itu juga ramah lingkungan. "Rancangan ini bisa memungkinkan ramah lingkungan, bisa mengelola air dengan baik. Mengelola SDA dengan ramah," jelas Anies.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya