Sukses

Anies Baswedan: Pembangunan Kampung Susun untuk Warga Gusuran di Bukit Duri

Anies Baswedan juga menyatakan bahwa rancangan kampung itu juga ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Rumah Susun (Rusun) Cakung di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, akan diperuntukkan bagi warga gusuran di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Hal tersebut disampaikan Anies saat pencanangan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung pada Kamis (7/10/2021).

"Saya sampaikan bahwa di tempat ini, dibangun kampung susun produktif tumbuh Cakung, yang akan memfasilitasi 75 kepala keluarga yang semula tinggal di Bukit Duri yang menjadi korban penggusuran pada bulan September 2016," kata Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, Jakarta merupakan kota untuk semua warga. Kata dia, semua orang berhak mempunyai tempat tinggal yang layak huni.

"Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang ber-uang tetapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak, harus," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramah Lingkungan

Nantinya, kata Anies, pembangunan kampung tersebut dapat menunjang penghuninya bekerja dari rumah. Dia juga menyebut itu untuk menunjang masyarakat yang melakukan work from home (WFH).

"Efeknya ketika harus WFH mereka kesulitan untuk bekerja dari rumah. Pengalaman ini menjadi pengalaman untuk kita," ujar dia.

Selain itu, Anies juga menyatakan rancangan kampung itu juga ramah lingkungan. "Rancangan ini bisa memungkinkan ramah lingkungan, bisa mengelola air dengan baik. Mengelola SDA dengan ramah," jelas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.