Sukses

Pameran Alutsista TNI Selesai, Istana Merdeka Kembali Disterilkan

Pameran alutsista dalam rangka HUT ke-76 TNI berlangsung sejak Minggu 3 Oktober 2021 hingga 6 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran alutsista atau alat utama sistem persenjataan dalam rangka HUT ke-76 TNI yang digelar di kawasan Istana Merdeka Jakarta, sudah selesai. Pameran 112 kendaraan perang TNI itu sudah berlangsung sejak Minggu 3 Oktober 2021 dan mencapai puncaknya 5 Oktober 2021 saat perayaan HUT TNI.

Pantauan di lokasi, Rabu (6/10/2021), pameran masih berlangsung sejak pagi hari hingga pukul 11.00 WIB. masih banyak warga yang melintas melihat jajaran alutsista tersebut. Mereka berswafoto bersama keluarga bahkan anggota TNI.

Namun sekira pukul 11.15 WIB, masing-masing dari kendaraan tersebut mulai dinyalakan dan dibawa menuju Monas untuk bersiap dipulangkan ke markas masing-masing.

Sebagian warga yang masih antusias memburu kendaraan tersebut ke Monas. Tapi hanya dapat mengambil gambar alutsista dari luar pagar. Hal ini ini karena sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta kembali disterilkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beragam alutsista yang dipamerkan

Sebagai informasi, beragam jenis alutsista yang dipamerkan seperti 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis panser Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan pameran tersebut untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa anggaran negara benar-benar dibelikan alutsista.

"Pagi hari ini dalam rangka Hari Ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita. Dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa.

Menurut dia, alutsista yang dipamerkan ke masyarakat merupakan barang-barang yang baru dibeli pemerintah. Bahkan, ada alutsista yang baru dibeli pada 2014.

"Inilah yang kita miliki, dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang Astros tahun berapa? Ini baru saja di 2014 kita membeli ini. Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," tutur Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Belanja Alutsista ala Menhan Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.