Sukses

Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Peningkatan Mobilitas saat Libur Panjang Akhir Tahun

Wiku menuturkan saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai terkendali. Namun, Wiku meminta semua pihak untuk tak terlena dan tetap berhati-hati terhadap penyebaran virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah tengah menyiapkan kebijakan sebagai upaya mengantisipasi kenaikan mobilitas saat libur panjang Natal dan Tahun Baru. Hal ini mengingat mobilitas yang tinggi dapat memicu kenaikan kasus Covid-19.

"Pemerintah sedang menyusun kebijakan antisipasi libur panjang dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian," jelas Wiku dikutip dari siaran pers, Rabu (6/10/2021).

Selain itu, kata dia, pemerintah juga mengantisipasi mobilitas pelaku perjalanan internasional yang akan melakukan kunjungan wisata seperti ke Bali. Pasalnya, Bandara Ngurah Rai Bali sudah mulai dibuka untuk turis aris mulai 14 Oktober mendatang.

"Pembukaan pintu masuk internasional tersebut pun akan tetap memperhatikan pemenuhan syarat perjalanan dan mekanisme skrining setelah masuk di Indonesia," katanya.

Di sisi lain, Wiku menyampaikan pemerintah akan terus memantau perkembangan varian baru Covid-19 agar tak masuk ke Indonesia. Balitbangkes yang didukung 17 laboratorium dengan kemampuan mendukung upaya whole genome sequencing (WGS) akan terus mengoptimalkan sumberdaya dan pemantauan distribusi varian diberbagai daerah.

"Nantinya hasil pemantauan akan disampaikan secara transparan kepada masyarakat," ujar Wiku.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Covid-19 Sudah Mulai Terkendali

Dia menuturkan saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai terkendali. Namun, Wiku meminta semua pihak untuk tak terlena dan tetap berhati-hati terhadap penyebaran virus corona.

Wiku mengingatkan pemerintah daerah serius dalam melakukan pengawasan kegiatan masyarakat. Menurut dia, pemerintah daerah harus terus melakukan sosialisasi yang jelas di daerah masing-masing, khususnya rincian protokol kesehatan yang harus diterapkan.

"Untuk meminimalisir peluang penularan sebesar-besarnya," tegas Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.