Sukses

Melihat dari Dekat, Roket Astros Senjata Penjaga Wilayah Terluar Indonesia

TNI menggelar pameran Alutsista di sekitaran area Monas, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta TNI menggelar pameran Alutsista di sekitaran area Monas, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Pameran tersebut telah diadakan sejak Senin 4 Oktober 2021 hingga Rabu 6 Oktober 2021, dalam rangka menyambut HUT TNI ke-76.

 

Sejumlah jenis Alutsista dipampang di pinggiran jalan guna mudah dilihat para pengguna jalan. Salah satu senjata yang dipamerkan adalah Multiple Launcher Rocket System (MLRS) Astros II MK 6 AV atau Roket Astros milik TNI AD.

Berbeda dengan jenis Alutsista lain yang diamerkan di pinggir jalan, Roket Astros sedikit masuk di depan pagar Istana Negara, Jakarta. Pengunjung biasa hanya diperkenankan melihatnya dari batas dari pembatas jalan yang sengaja disusun.

oket Astros merupakan genarasi astros terbaru yang dibuat Brasil. Roket ini dikenal memiliki radius daya ledak yang luas.

Satu amunisi Roket Astros bisa memiliki daya ledak hingga radius satu hektar persegi. Bahkan, ke depannya roket ini disebut akan memiliki daya jangkau tembak sejauh 300 kilometer. Saat ini baru 200-an kilometer.

Salah satu senjata andalan TNI ini disebut efektif untuk menghancurkan musuh. Senjata ini bahkan telah ditempatkan di Pulau Natuna. Peruntukkannya memang ditempatkan di wilayah-wilayah terluar di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meriam 155 MM Caesar

Selain Roket Astros, TNI juga memamerkan Meriam 155 MM Caesar buatan Prancis. Meriam ini memiliki jangkauan sejauh 55 kilometer dengan kecepatan menembak sebanyak 6 butir peluru per menit.

Meriam ini bahkan disebut meriam tercanggih di Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.