Sukses

Jokowi Ledek Iriana, Tawari Naik Kendaraan Taktis yang Dipamerkan di HUT ke-76 TNI

"Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika," ucap Jokowi. Bagaimana reaksi Ibu Iriana?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melihat sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di luar Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/2021). Jokowi sempat melontarkan candaan kepada sang istri, Ibu Negara Iriana Jokowi yang ikut mendampingi.

Kala itu, Jokowi melihat-lihat kendaraan taktis (Rantis) milik TNI yang berjejer. Dia pun melemparkan candaan nantinya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang akan menyupuri Iriana apabila menaiki kendaraan taktis itu.

"Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika," ucap Jokowi kepada Iriana sambil tertawa, sebagaimana dilihat dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Mendengar candaan Jokowi, Iriana pun hanya ikut tertawa. Keduanya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun lalu meninggalkan lokasi peninjauan dengan menggunakam mobil boogie.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menerima laporan bahwa sejumlah alutsista yang dipamerkan merupakan hasil pengadaan rencana strategis (renstra) sampai 2019. Artinya, alustsista tersebut merupakan pembelian baru.

"Bapak, izin, jadi ini pengadaan pada renstra sampai dgn tahun 2019," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Berarti ini baru-baru semua," ujar Jokowi.

KSAD Jenderal Andika Perkasa yang ada di lokasi itu ikut menimbrung saat Jokowi dan Hadi Tjahjanto berbicara. Andika mengatakan bahwa kendaraan yang dilihat Jokowi merupakan milik TNI AD.

"Ini ada yang menonjol, Pak. Dari TNI Angkatan Darat kami punya 56, seluruhnya ada 88. Itu menonjol sekali," jelas Andika.

"Kalau kita gak anu (pameran), enggak tahu kalau kita punya barang-barang seperti ini," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alutsista yang Dipamerkan

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pameran tersebut untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa anggaran negara benar-benar dibelikan alutsista. Dia berharap masyarakat dapat mengetahui berbagai alutsista milik TNI, melalui pameran tersebut.

"Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km," ujarnya.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yakni, 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa. Kemudian, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga. Lalu, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Total ada 100 lebih alutsista milik TNI yang dipamerkan kepada masyarakat. Pameran alutsista dalam rangka Hari TNI ini akan digelar hingga 6 Oktober 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.