Sukses

Pamerkan Alutsista, Jokowi: Bentuk Transparansi APBN ke Publik

Jokowi mengatakan, alutsista yang dipamerkan ke masyarakat merupakan barang-barang yang baru dibeli pemerintah. Bahkan, ada alutsista yang baru dibeli pada 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara, usai memimpin upacara HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/2021). Jokowi mengatakan pameran tersebut untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa anggaran negara benar-benar dibelikan alutsista.

"Pagi hari ini dalam rangka Hari Ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita. Dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa.

Alutsista tersebut dipamerkan di sekitar Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat atau depan halaman Istana Merdeka Jakarta. Dia berharap, masyarakat dapat mengetahui berbagai alutsista milik TNI, melalui pameran tersebut.

"Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km," ujar dia.

Menurut dia, alutsista yang dipamerkan ke masyarakat merupakan barang-barang yang baru dibeli pemerintah. Bahkan, ada alutsista yang baru dibeli pada 2014..

"Inilah yang kita miliki, dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang Astros tahun berapa? Ini baru saja di 2014 kita membeli ini. Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pameran hingga 6 Oktober 2021

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yakni, 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa. Kemudian, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga. Lalu, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Total ada 100 lebih alutsista milik TNI yang dipamerkan kepada masyarakat. Pameran alutsista dalam rangka Hari TNI ini akan digelar hingga 6 Oktober 2021.

 

3 dari 3 halaman

Atraksi di Perayaan HUT ke-76 TNI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.