Sukses

HUT Ke-76 TNI, Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit

Jokowi memberikan tanda kehormatan kepada tiga anggota TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tanda kehormatan kepada tiga anggota TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok. Ketiganya masing-masing berasal dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL).

Adapun pemberian penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15, 19, dan 95/TK/2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya. Petikan Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Marsda M.Tonny.

"Presiden RI menimbang sebagai penghargaan kepada AD, AL, dan AU yang di bidang tugas kemiliteran yang menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara tanpa merugikan tugas pokoknya," bunyi Keppres Jokowi.

Pemberian pengharagaan tersebut dalam rangka HUT ke-76 TNI. Upacara digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Acara juga disaksikan oleh para prajurit TNI dari 3 mantra.

Berikut tiga anggota TNI yang mendapatkan penghargaan:

1. Anwar, Kolenel Infanteri, Wadan Pusdiklat Pasus Kopassus, dianugrahi Bintang Kartika Eka Paksi Nararya

2. Rohani Saporo, Kapten Laut Teknik, Wadanden Armada 1 dianugerahi Bintang Jalasena Nararya.

3. Wawan Agus Setiawan Sersan Kepala, Bintara PK Lanud Husein Sastranegara dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berterimakasih pada TNI

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para prajurit TNI yang membantu masyarakat menghadapi berbagai bencana alam. Termasuk, pandemi Covid-19.

"TNI juga bisa diandalkan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Selasa (5/10/2021).

Tak hanya itu, dia menilai bahwa TNI telah membuktikkan bahwa prajuritnya merupakan penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI. Jokowi menyebut TNI juga berperan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Terima kasih TNI," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.