Sukses

3 Momen Seru Jokowi saat Pembukaan PON XX dan Kunker Berkeliling Papua

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka secara resmi pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua pada Sabtu 2 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka secara resmi pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua pada Sabtu 2 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Usai acara tersebut, Jokowi pun melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah. Merauke di Papua dan Sorong si Papua Barat adalah dua daerah destinasi Jokowi saat kunker.

Saat berada di Marauke Minggu 3 Oktober 2021, orang nomor satu di Republik Indonesia itu menyempatkan diri singgah ke Pasar Sota untuk berbincang dengan mama-mama di sana.

Momen lucu terjadi saat Jokowi membeli empat sisir pisang seharga Rp 20.000. Namun Jokowi memberikan uang Rp 100 ribu sebanyak 10 lembar atau totalnya menjadi Rp 1 juta.

"Saya beli pisang Rp 20 ribu. Jadi kembalinya berapa?" tanya Jokowi.

"Kembalinya terima kasih Bapak Presiden," ucap mama penjual pisang tersebut disambut senyum Jokowi.

Berikutnya, Jokowi bertolak ke Kabupaten Sorong Papua Barat ditemani Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Senin (4/10/2021).

Selain itu, disela-sela rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jokowi menyempatkan diri mampir untuk membeli jagung rebus di penjual pinggir jalan. Tak hanya membeli, Jokowi pun langsung mencicipi jagung rebus yang dibelinya.

Berikut sederet momen seru Jokowi saat membuka secara resmi PON XX kemudian kunker berkeliling Papua dan sekitarnya dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Main Bola dan Alat Musik Papua

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Sabtu 2 Oktober 2021, diwarnai dengan aksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermain bola. Kala itu, Jokowi diajak bermain bola oleh seorang anak kecil asal Papua.

Ajakan anak kecil itu pun disambut oleh Jokowi. Dia pun turun ke lapangan untuk bermain bola dengan legenda sepak bola Indonesia Jack Komboy dan tiga anak muda Papua

"Bapak Presiden, mari sini, ikut kita," ajak seorang anak kecil yang mengenakan pakaian khas daerahnya dan membawa alat musik tifa, dikutip dari siaran pers.

Jokowi terlihat tersenyum dan segera menghampiri anak kecil tersebut untuk memulai bermain bola dengan keempat pemuda di lapangan. Setiap kali Jokowi menendang bola, penonton di stadion menyambutnya dengan riuh dan tepuk tangan.

Setelahnya, anak kecil tersebut memberikan alat musik tifa kepada Jokowi untuk ditabuh dan kemudian diikuti secara serentak oleh para undangan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Boaz Solossa, sebagai pembawa obor PON terlihat memasuki lapangan untuk membawa obor tersebut ke arah kaldron yang berada di tengah lapangan untuk dinyalakan.

Pesta kembang api di langit stadion makin memeriahkan acara pembukaan PON XX Papua. Tidak hanya di stadion, pesta kembang api juga dilakukan di Jembatan Merah Youtefa, Kota Jayapura.

Jokowi terlihat bertepuk tangan diiringi dengan antusiasme para penonton. Sesaat sebelum meninggalkan stadion, dia kembali ke lapangan untuk menyapa para penari dan tampak berfoto dengan latar belakang penari tersebut.

 

3 dari 5 halaman

2. Beli Pisang Seharga Rp 1 Juta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri melihat langsung Pasar Sota di Merauke, Papua. Jokowi juga menyempatkan membeli bawang dan empat sisir buah pisang.

Mengutip siaran tertulis dari Biro Pers Sekretarian Presiden, Minggu 3 Oktober 2021, Jokowi mengajak mama-mama di Pasar Sota, Merauke berbincang santai.

Saat membeli pisang, Jokowi sempat bertanya berapa harga satu sisir pisang. Mama penjual menjawab, harga pisang tersebut Rp 5 ribu.

"Saya beli empat, jadi semua dua puluh ribu rupiah," kata Jokowi.

Namun Jokowi memberikan uang Rp 100 ribu sebanyak 10 lembar atau totalnya menjadi Rp 1 juta.

"Saya beli pisang Rp 20 ribu. Jadi kembalinya berapa?" tanya Jokowi.

"Kembalinya terima kasih Bapak Presiden," ucap mama penjual pisang tersebut disambut senyum Jokowi.

"Ya, terima kasih, terima kasih ya Bu," kata Jokowi.

 

4 dari 5 halaman

3. Makan Jagung Rebus Pinggir Jalan

Disela-sela rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Sorong, Papua Barat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri mampir untuk membeli jagung rebus di penjual pinggir jalan. Tak hanya membeli, Jokowi pun langsung mencicipi jagung rebus yang dibelinya.

Hal tersebut terjadi usai Presiden Jokowi meninjau lokasi penanaman jagung di Kabupaten Sorong, Senin (4/10/2021).

Selain Jokowi, Ketua DPR RI Puan Maharani juga ikut membeli jagung rebus bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Berdasarkan video yang tayang di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi memakai kemeja putih dan tas noken khas Papua dikalungkan di lehernya. Dia lalu datang ke sebuah kedai kecil untuk membeli jagung.

Jokowi tampak sangat menikmati jagung rebus itu. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang melihat Jokowi lahap memakan jagung itu pun melemparkan candaan.

"Pak Presiden lapar nih, bukan manis lho," ucap Syahrul.

"Dari pagi belum makan lho," jawab Jokowi membalas.

"Enak," timpal Puan.

 

(Cindy Violeta Layan)

5 dari 5 halaman

Siapa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.