Sukses

Riza Patria Tegaskan Status Jakarta Masih PPKM Level 3

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan saat ini Ibu Kota masih berstatus PPKM level 3 bukan level 1 seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan saat ini Ibu Kota masih berstatus PPKM level 3, bukan level 1 seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

Riza menegaskan yang disampaikan oleh Anwar merupakan asesmen dari Kementerian Kesehatan, bukan level PPKM berdasarkan Inmendagri.

"Jadi harus dibedakan, PPKM itu ada level 1, 2, 3, dan 4. Sampai hari ini Jakarta masih masuk pada level 3," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/9/2021) malam.

Politikus Gerindra tersebut menjelaskan asesmen yang dilakukan Kementerian Kesehatan terkait penularan Covid-19 di wilayah Jakarta Timur. Misalnya level 0 yang berarti tidak ada penularan lokal.

Lalu untuk level 1 dapat diartikan yakni ada keterbatasan penerapan upaya pencegahan penularan. Atau saat ada kasus masih dapat dikendalikan melalui tindakan efektif di sekitar kasus atau klaster kasus.

"Level 2, ini menurut Kemenkes, situasi dengan insiden komunitas yang rendah, level 3, penularan komunitas dengan kapasitas respons terbatas dan terdapat risiko layanan kesehatan tidak memadai. Level 4 transisi tidak terkontrol dengan kapasitas respons tidak memadai. Ini level yang dimaksud oleh Kemenkes. Jadi, bukan level PPKM," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keputusan Pemerintah Pusat

Riza menegaskan untuk keputusan penerapan PPKM di Jakarta merupakan kewenangan dari pemerintah pusat berdasarkan evaluasi mingguan.

"Kami menunggu saja apa yang menjadi keputusan pemerintah pusat. Tentu DKI tidak berdiri sendiri, ada daerah penyangga, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan lain-lain. Itu jadi perhatian kita bersama," jelas Riza.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan seluruh wilayahnya telah telah berstatus PPKM level 1. Kata dia, hal tersebut berdasarkan riset dari pemerintah pusat.

"Kita sangat bersyukur, Kota Jakarta Timur telah memasuki PPKM Level 1. Itu berdasarkan dari riset pemerintah pusat sebagai salah satu kota yang berhasil menekan angka penularan Covid-19," kata Anwar di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.