Sukses

Pasien Isoman Covid-19 di Kota Bekasi Tersisa 34 Orang

Sebanyak 41 kelurahan di Kota Bekasi sudah nihil kasus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengevaluasi data pasien isolasi mandiri (isoman) di setiap wilayahnya. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah pasien isoman Covid-19 di Kota Bekasi tersisa 34 orang di 15 kelurahan.

"Evaluasi dalam penanganan para isolasi mandiri di beberapa wilayah, masih terdapat 34 pasien isolasi mandiri," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi atau biasa disapa Pepen, Rabu (29/9/2021).

Dengan demikian, kata dia, sebanyak 41 kelurahan saat ini sudah dinyatakan nihil kasus aktif Covid-19. Meski begitu, Pepen mengaku pihaknya tetap waspada terhadap potensi peningkatan kasus, dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Tetap tidak boleh jumawa akan sebuah landainya angka kasus aktif ini, agar terus memaksimalkan peran kerja untuk penurunan angka kasus aktifnya," ujar Pepen.

Menurutnya, penanganan Covid-19 di Kota Bekasi juga tak lepas dari program vaksinasi yang masih terus digenjot pemerintah daerah. Pelaksanaan vaksinasi, bahkan kini difokuskan di setiap kelurahan agar bisa menjangkau lebih banyak masyarakat.

"Vaksinasi dibuka di setiap titik kelurahan agar warga terpenuhi sasaran target dari herd immunity di Kota Bekasi," tegasnya.

Tak hanya memperkuat imun tubuh, lanjut Pepen, vaksinasi juga menjadi syarat utama bagi masyarakat yang hendak bepergian menuju tempat wisata ataupun pusat perbelanjaan di Kota Bekasi.

Masyarakat yang sudah tervaksin, bisa langsung terdeteksi melalui scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Hal ini akan diberlakukan selama adanya kebijakan.

"Tidak hanya di mal, warga yang akan mengurus segala keperluan di dinas, terutama di kantor kelurahan dan kecamatan, akan disediakan alat tersebut. Sehingga warga yang belum terdeteksi vaksin, agar menyelesaikan vaksin terlebih dulu," paparnya.

Pepen juga meminta seluruh perangkat daerah dan stakeholder untuk terus berkoordinasi dalam menyukseskan program vaksinasi di Kota Bekasi, untuk mendorong percepatan herd immunity.

"Semua harus bergerak dan melaporkan mengenai tugas monitoring di wilayah terkait data vaksinasi bagi warga. Jika ada yang terdata belum vaksin, maka lakukan door to door," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebaran 34 Pasien Isoman di Kota Bekasi

Berikut sebaran 34 pasien isolasi mandiri yang terdapat di 15 kelurahan:

1. Kelurahan Kota Baru (5 pasien)

2. Kelurahan Mustika Jaya (4 pasien)

3. Kelurahan Jatirahayu (4 pasien)

4. Kelurahan Jatikramat (3 pasien)

5. Kelurahan Jatisampurna (3 pasien)

6. Kelurahan Mustikasari (2 pasien)

7. Kelurahan Jatirangga (2 pasien)

8. Kelurahan Kalibaru (1 pasien)

9. Kelurahan Aren Jaya (1 pasien)

10. Kelurahan Bekasi Jaya (1 pasien)

11. Kelurahan Bintara Jaya (1 pasien)

12. Kelurahan Harapan Jaya (1 pasien)

13. Kelurahan Kayuringin Jaya (1 pasien)

14. Kelurahan Marga Mulya (1 pasien)

15. Kelurahan Pejuang (1 pasien)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.