Sukses

Mensos Risma Akan Siapkan Skema Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Berat

Risma mengaku bakal menyiapkan skema bantuan sosial khusus bagi penyandang disabilitas berat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengaku bakal menyiapkan skema bantuan sosial khusus bagi penyandang disabilitas berat.

Yang dimaksud dengan penyandang disabilitas berat adalah mereka yang tak bisa melakukan kegiatan kesehariannya secara mandiri sehingga butuh untuk dibantu orang lain.

Politikus PDIP itu menuturkan, selama ini banyak pihak yang meminta bantuan untuk para penyandang disabilitas berat.

Risma mencontohkan permintaan akan pamper lantaran penyandang disabilitas berat kesulitan untuk buang air kecil maupun besar secara mandiri banyak dilayangkan oleh pihak keluarga penyandang disabilitas ke Kemensos.

"Ke depan harus ada policy di kita, nanti kita akan siapkan untuk kita bersama-sama membuat aturan untuk memperhatikan disabilitas berat. Untuk kita bersama sama membuat aturan untuk memperhatikan yang disabilitas berat, jadi kita harus bisa memperhatikan itu," kata dia di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengasuh Sendiri

Risma menuturkan, banyak keluarga penyandang disabilitas berat memilih untuk mengasuh sendiri di rumah anggota keluarganya .

Kemensos, lanjut dia, sebetulnya bisa saja membawa mereka ke balai sosial asalkan atas kehendak keluarga.

"Permasalahannya memang tidak semua keluarga mereka mau ditangani di balai. (Padahal) mereka butuh biaya besar bukan hanya untuk hidupnya kadang ada yang tidak bisa makan makanan keras sehingga mereka harus minum susu yang tentunya biayanya lebih mahal dibandingkan kalau kehidupan kita yang normal," kata Risma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.