Sukses

PDIP Sebut Baguna Tak Pernah Bedakan Pilihan Politik Saat Beri Bantuan

Megawati Soekarnoputri menyampaikan pentingnya keberadaan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) partainya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pentingnya keberadaan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) partainya. Karena itu, penting untuk meningkatkan kemampuan para anggotanya.

Hal itu disampaikan saat membuka pelatihan dasar manajemen bencana dan pengendalian operasi pencarian dan pertolongan bagi pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD dan DPC di seluruh Indonesia secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Lebih lanjut, Megawati memberikan contoh alasan Baguna selalu mendirikan dapur umum di setiap oprasi penanganan bencana. Misalnya ketika bencana di Provinsi NTT beberapa waktu lalu.

Baguna menghadirkan bantuan dapur umum untuk menyiapkan logistik dan makanan untuk para korban bencana. Untuk membantu warga yang kebingungan saat bencana.

"Karena itu, memang di dalam instruksi partai, saya selalu meminta terutama pada Baguna, untuk selalu menyiapkan diri di dalam rangka membantu bencana," kata Megawati.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Baguna didirikan berbasis semangat kemanusiaan dan kebangsaan yang kuat.

Menurutnya, Baguna harus menjalankan dedication of life yang dibangun oleh Bung Karno. Sebab itu, dalam menolong rakyat yang menjadi korban bencana, Baguna tidak membedakan pilihan politik.

"Karena itu, dalam menolong rakyat yang jadi korban bencana, maka kita tak akan pernah membedakan rakyat dari jenis apapun, termasuk pilihan partai politiknya. Semua akan ditolong karena itulah kemanusiaan kita," ujar Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menolong Rakyat

Hasto mengatakan, semua anggota Baguna harus bekerja menolong rakyat karena mengemban misi Pancasila, khususnya gotong royong.

"Yang kuat membantu yang lemah. Prinsip inilah yang harus dipegang dengan baik oleh Baguna. Inilah yang menunjukkan Baguna menjalankan ideologi Pancasila dalam praktik," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.