Jokowi: Indonesia Punya 3,36 Juta Hektare Hutan Mangrove, Terluas di Dunia

Oleh Lizsa Egeham pada 28 Sep 2021, 19:05 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 19:05 WIB
Presiden Jokowi menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (28/9/2021).
Perbesar
Presiden Jokowi menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (28/9/2021).(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia mempunyai 3,36 juta hektare hutan mangrove. Menurut dia, angka ini sekitar 20 persen dari total hutan mangrove yang ada di dunia.

"Indonesia ini memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia. 3,36 juta hektare, itu kurang lebih 20 persen dr total hutan mangrove yang ada di dunia," kata Jokowi saat menanam mangrove bersama masyarakat di Pantai Setokok Batam Kepulauan Riau, Selasa (28/9/2021).

Untuk itu, kata dia, Indonesia wajib memelihara dan menjaga kelestarian hutan mangrove. Sebab, Jokowi menilai potensi hutan mangrove yang begitu luas menjadi kekuatan Indonesia.

"Tetapi yang paling penting adalah bagaimana memelihara, bagaimana merawat, bagaimana merehabilitasi yang rusak. Sehingga, betul-betul hutan mangrove kita ini semuanya terjaga," jelasnya.

Jokowi menyampaikan hutan mangrove bukan hanya dapat memperbaiki ekosistem di pesisir pantai, namun juga mampu mengurangi abrasi dari air laut.

"Dan (hutan mangrove) sangat mengurangi emisi karbon yang ada dibandingkan hutan-hutan tropis di darat," ujar Jokowi.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan dan merawat hutan mangrove yang ada di Indonesia. Hal ini mengingat hutan mangrove merupakan salah satu kekuatan Indonesia.

"Kita selalu melibatkan komunitas pecinta lingkungan hidup, komunitas nelayan untuk menanam, memelihara, merehabilitasi hutan mangrove kita," tutur Jokowi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rehabilitasi Hutan

Sebelumnya, Jokowi menargetkan rehabilitasi atau penanaman 34.000 hektare lahan mangrove sepanjang 2021. Pasalnya, hutan mangrove dinilai dapat menyimpan karbon lebih banyak dibandingkan hutan tropis daratan.

Hal ini disampaikannya usai menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, Selasa (28/9/2021). Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Hutan mangrove ini menyimpan karbon, 4 sampai 5 kali lipat lebih banyak daripada hutan tropis daratan," ucap Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

"Di 2021 ini, kita akan melakukan rehabilitasi mangrove di seluruh tanah air sebanyak 34.000 hektare," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya