MKD DPR Sebut Sudah Dengar Lodewijk Sebagai Pengganti Azis Syamsuddin

Oleh Delvira Hutabarat pada 28 Sep 2021, 17:12 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 17:12 WIB
Golkar Pecat Empat Kader yang Dukung Prabowo-Sandi
Perbesar
Sekjen Partai Golkar Lodewijk Friedrich Paulus memberi keterangan terkait Kadernya, Jakarta, Rabu (3/10). Golkar memberi sanksi pemecatan kepada empat kadernya yang mendeklarasikan dukungan ke Prabowo-Sandi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman menyatakan pihaknya telah mendengar kabar bahwa Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus akan menggantikan posisi Azis Syamsuddin di kursi wakil ketua DPR RI.

"Saya dengar di Partai Golkar sudah memutuskan Pak Lodewijk menjadi pengganti Azis," ujar Habiburokhman pada wartawan, Selasa (28/9/2021).

Dia menyatakan saat ini pihaknya menunggu keputusan resmi dari Partai Golkar.

"Karena (Azis) sudah mengundurkan diri duluan, maka kita menunggu saja prosesnya di Partai Golkar," jelas Habiburokhman.

Nantinya setelah menerima hasil dari Badan Musyawarah, MKD tinggal memberikan persetujuan. Seanjutnya pengganti Azis akan ditetapkan melaluli rapat pimpinan dan paripurna DPR.

"Nanti itu disampaikan ke Bamus dan MKD tinggal mengapproved saja, karena gak ada masalah lagi secara etik dan kehormatan. Dari Bamus nanti ditetapkan di paripurna," kata Habiburokhman.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tak Gelar Rapat Etik

Selain itu, Menurutnya MKD tidak perlu menggelar rapat etik untuk Azis sebab yang bersangkutan telah resmi mundur.

"Tidak perlu, tidak perlu terkait masalah itu. Kecuali nanti hasilnya seperti apa. Kan ini beliau mengundurkan diri sebagai wakil ketua DPR, tapi status keanggotaannya itu menunggu putusan hukum atau menunggu fakta-fakta hukum," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya