Jokowi Dikabarkan Akan Reshuffle Kabinet Besok, Ini Kata Istana

Oleh Liputan6.com pada 28 Sep 2021, 09:03 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 09:03 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Menyambut tahun 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia mampu bangkit dari pandemi COVID-19. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu, 29 September 2021. Menanggapi hal ini, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman enggan membeberkan terkait kabar tersebut. Dia menjelaskan jika ada perombakan kabinet nantinya Jokowi sendiri yang akan mengumumkan.

"Kalau ada reshuffle tentu presiden sendiri yang mengumumkan. Karena hak prerogatif presiden," katanya kepada merdeka.com, Selasa(28/9/2021).

Perombakan kabinet kali ini, disebut untuk mengakomodir PAN agar masuk dalam koalisi pemerintah.

Salah satu sumber dari koalisi Jokowi mengatakan, Ketum PAN Zulkifli Hasan yang bakal dicalonkan sebagai menteri. Sebelumnya, nama Soetrisno Bachir sempat disebut sebagai calon menteri Perhubungan. Namun Jokowi tetap ingin Zulkifli Hasan.

"Kalau yang lainnya Pak Jokowi juga enggak mau," kata sumber itu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Belum Ada Kabar

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, hingga saat ini belum mendapatkan kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet.

Namun, dia memprediksi reshuffle kabinet akan dilakukan bulan Oktober 2021.

"Kode alamnya belum terbaca. Prediksi saya akan dilakukan bulan oktober," kata Jazilul kepada Merdeka.com, Minggu(26/9/2021).

Menurutnya, jika reshuffle kabinet dilakukan, seharusnya menunggu PPKM selesai sehingga para menteri bisa maksimal.

"Hemat saya, agar PPKM dicabut total dan kembali bekerja normal dan maksimal, termasuk merombak performa kabinet kerja," jelas Jazilul.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya