Sukses

Jokowi Akan Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Riau dan Kepri Hari Ini

Di Kabupaten Bengkalis, Jokowi dijadwalkan melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat. Dia juga akan meninjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Riau guna melakukan kunjungan kerja, Selasa (28/9/2021). Jokowi diagendakan akan menanam pohon mangrove bersama masyarakat setempat.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru, dia akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju Kabupaten Bengkalis.

Di Kabupaten Bengkalis, Jokowi dijadwalkan melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat. Dia juga akan meninjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik.

Setelah itu, Jokowi kembali menuju Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru dengan menggunakan helikopter. Dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Jokowi dan rombongan kemudian akan lepas landas menuju Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Setibanya di Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam, Jokowi direncanakan menuju Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang untuk kembali menanam pohon mangrove bersama masyarakat.

Pada petang harinya, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Perubahan Iklim Dunia

Sebelumnya, Jokowi mengatakan rehabilitasi mangrove harus dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dunia. Selain itu, kata dia, rehabilitasi ini dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan mangrove.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan penanaman mangrove di Desa Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). Dia didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

"Memang rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia, untuk memitigasi yang ada," jelas Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Dia berharap penanaman mangrove dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air,  memperbaiki lingkungan pesisir dan habitat di daerah pantai. Sehingga, mampu meningkatkan produksi ikan dan hasil laut lainnya.

Jokowi menekankan bahwa pemerintah akan terus melakukan rehabilitasi mangrove di seluruh wilayah Indonesia. Dia menargetkan rehabilitasi mangrove dilakukan di 34.000 hektare lahan pada 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.