Top 3 News: Hilangnya Nakes Gerald Sokoy di Kiwirok Papua yang Kini Ditemukan

Oleh Devira PrastiwiNafiysul QodarAdy Anugrahadi pada 28 Sep 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 08:00 WIB
Teroris KKB merusak dan membakar sejumlah fasilitas umum di Puncak, Papua
Perbesar
Teroris KKB merusak dan membakar sejumlah fasilitas umum di Puncak, Papua. (dok Polda Papua)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait tenaga kesehatan (Nakes) bernama Gerald Sokoy yang sempat hilang selama beberapa hari usai insiden perusakan dan pembakaran Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Polisi pun berencana akan memeriksa Gerald Sokoy karena dikabarkan ia sempat tersesat dan diamankan oleh KKB saat kabur menyelamatkan diri bersama sejumlah nakes lainnya.

Dia kemudian diserahkan ke Pemda Pegunungan Bintang oleh KKB pada Sabtu 25 September 2021.

Lalu, KKB kembali berulah. Kali ini, seorang anggota Brimob Polri dikabarkan gugur dalam baku tembak di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Gugurnya anggota Brimob Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi itu terjadi pukul 05.30 WIT pada Minggu 26 September 2021.

Sementara itu, berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Polda Metro Jaya, Senin 27 September 2021.

Luhut datang untuk memenuhi panggilan polisi sebagai pelapor kasus pencemaran nama baik. Adapun terlapor ialah Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulida.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 27 September 2021:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Polisi Akan Periksa Nakes Gerald Sokoy yang Sempat Hilang di Kiwirok Papua

kiwirok
Perbesar
Sebelas warga yang dievakuasi dari Distrik Kiwirok menggunakan pesawat terbang pada Sabtu (25/9/2021) pagi sekitar pukul 09.00 WIT tiba di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. (Ist)

Polda Papua akan memeriksa tenaga kesehatan (Nakes) bernama Gerald Sokoy yang sempat hilang selama beberapa hari pascainsiden perusakan dan pembakaran Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Gerald Sokoy kabarnya sempat tersesat dan diamankan oleh KKB saat kabur menyelamatkan diri bersama sejumlah nakes lainnya. Dia kemudian diserahkan ke Pemda Pegunungan Bintang oleh KKB pada Sabtu 25 September 2021.

Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, selain Gerald, kepolisian juga akan memeriksa empat nakes Puskesmas Kiwirok yang terluka dan sempat dirawat di RS Marthen Indey, Jayapura. 

"Memang kami sudah menjadwalkan untuk meminta keterangan dari yang bersangkutan, Gerald Sokoy dalam minggu-minggu ini," kata Faizal di Jayapura, Minggu 26 September 2021.

 

Selengkapnya....

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Lima Fakta Gugurnya Anggota Brimob Polri Usai Baku Tembak dengan KKB Papua

Tenaga Kesehatan, Nakes, Papua, Nakes di Papua, Gabriella Meilani
Perbesar
Ratusan nakes menunjukkan rasa duka atas meninggalnya suster Gabriella Meilani, salah seorang korban pembakaran Puskesmas Kiwirok oleh KKB belum lama ini. (Foto: IDI Papua)

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali berulah. Kali ini, seorang anggota Brimob Polri dikabarkan gugur dalam baku tembak di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Gugurnya anggota Brimob Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi itu terjadi pukul 05.30 WIT pada Minggu 26 September 2021.

Kepala Polres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito membenarkan adanya anggota Polri yang gugur dalam baku tembak.

"Memang benar ada anggota yang meninggal dalam baku tembak dengan KKB di Kiwirok, namun saya masih menunggu laporan lengkapnya," ujar Cahyo seperti dikutip dari Antara, Minggu 26 September 2021.

 

Selengkapnya....

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Diperiksa Polisi Sebagai Pelapor, Luhut Bawa Bukti untuk Tepis Tudingan Haris Azhar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Bandara Dhoho, Kediri, Senin (26/4/2021). (Foto: Kemenko Marves)
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Bandara Dhoho, Kediri, Senin (26/4/2021). (Foto: Kemenko Marves)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendatangi Polda Metro Jaya, Senin 27 September 2021.

Kedatangannya untuk memenuhi panggilan polisi sebagai pelapor kasus pencemaran nama baik. Adapun terlapor ialah Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulida.

Luhut tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 08.28 WIB. Terlihat, ia mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam.

Didampingi penasihat hukumnya, Luhut berjalan masuk ke Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Luhut belum bersedia membeberkan secara detail terkait kehadirannya di Polda Metro Jaya.

"Nanti saja ya," kata Luhut.

 

Selengkapnya....

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Baku Tembak TNI Vs KKB Papua

Infografis Baku Tembak TNI Vs KKB Papua
Perbesar
Infografis Baku Tembak TNI Vs KKB Papua. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya