Sukses

Menhub: Jalur Layang di Stasiun Manggarai Buat KRL Jabodetabek Semakin Efisien

Budi Karya Sumadi mengatakan perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek akan semakin efisien dengan beroperasinya jalur layang (elevated track) di Statiun Manggarai.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan perjalanan KRL Jabodetabek akan semakin efisien dengan beroperasinya jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai.

Hal ini disampaikannya saat meninjau jalur layang di Stasiun Manggarai Jakarta, Minggu (26/9/2021).

"Pengoperasian pembangunan jalur layang Stasiun Manggarai diharapkan menambah efisiensi waktu perjalanan kereta komuter maupun perjalanan kereta jarak jauh," kata Budi Karya dari keterangannya.

Dia mengaku senang proyek tersebut bisa tetap berjalan dan diselesaikan di tengah pandemi Covid-19.

Budi menyebut kehadiran jalur layang ini akan menciptakan angkutan massal perkotaan yang terintegrasi dan dapat diandalkan.

Proyek jalur layang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur double-double track/dwi ganda Manggarai–Cikarang yang dibangun secara terintegrasi untuk kereta komuter Jabodetabek maupun kereta api jarak jauh.

Menurut dia, saat ini wajah Stasiun Manggarai semakin menarik dan mirip dengan stasiun di luar negeri seperti Jepang yang bersih, modern, serta memiliki layanan yang semakin baik. Selain itu, fasilitas Stasiun Manggarai yang memiliki 2 lantai ini telah dilengkapi dengan eskalator, lift disabilitas, maupun tangga manual.

Budi Karya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Ditjen Perkeretaapian yang telah menyelesaikan pembangunan jalur layang ini dengan baik.

Budi Karya juga mengingatkan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator dapat menjalankan sarana perkeretaapian Manggarai dengan lebih baik dan efisien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi adanya penyesuaian jalur KRL di Stasiun Manggarai.

Adapun untuk peron KRL lintas Jakarta-Depok/Bogor atau sebaliknya sudah tidak lagi di bawah tetapi pindah ke lantai 2 (dua) Stasiun Manggarai.

Ia menjelaskan, di lantai 2 terdapat beberapa jalur. Untuk jalur nomor 10 dan 11 adalah untuk lintasan KRL yang menuju Jakarta Kota, sementara jalur nomor 12 dan 13 adalah untuk lintasan KRL menuju Depok-Bogor.

"Kami memohon kepada para penumpang komuter untuk bekerjasama menerapkan protokol kesehatan di dalam KRL. Jika sudah penuh, agar naik di waktu berikutnya karena penambahan jalur layang ini turut menambah jumlah perjalanan KRL secara signifikan," tutur Didiek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.