Sukses

Survei Indikator: Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi Hadapi Covid-19 Tak Berubah

Tidak ada perubahan kepuasan mayarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan pihaknya, tidak ada perubahan kepuasan mayarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19 dalam dua bulan terakhir.

"Mayoritas masyarakat puas atau cukup puas dengen kinerja presiden menangani wabah Covid-19 61,8 persen. Kepuasan tidak berubah dalam dua bulan terakhir," kata dia dalam keterangan pers, Minggu (26/9/2021).

Burhanuddin menyebut, pada survei sebelumnya atau pada Juli 2021 menunjukkan angka kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi sekitar 60,5 persen.

Dia pun menyinggung pelaksanaan PPKM darurat dalam penanganan Covid-19, sebanyak 91,8 persen mengaku mengetahuinya.

"Hampir semua warga mengetahui pelaksanaan PPKM darurat dan sikap publik terbelah antara setuju atau tidak setuju PPKM darurat dikeluarkan pemerintah. Sekitar 51 persen setuju dan 45 persen kurang setuju," ucap Buharnuddin.

Sementara, kata dia, sebanyak 64,9 persen percaya pelaksanaan PPKM darurat dapat menurunkan kasus positif Covid-19. Sedangkan sebanyak 61,6 persen percaya PPKM darurat dapat menurunkan tingkat kematian.

"Mayoritas percaya pelaksanaan PPKM darurat mengurangi angka penularan dan angka kematian akibat pandemi," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait Survei

Sementara itu, survei tersebut dilakukan pada tanggal 17 sampai 21 September 2021.

Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan pada Maret 2018 hingga Juni 2021.

Dari 1.200 responden, margin of error sekitar kurang lebih 2.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan survei dilakukan dengan menggunakan wawancara telepon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.