Sukses

Sudah Ditonton Jutaan Pengunjung, Ini Lho Keseruan Rumah Digital Indonesia

Perayaan Puncak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 memang sudah berlalu, tetapi kemeriahannya masih dapat kamu saksikan di Rumah Digital Indonesia yang bisa diakses melalui website www.rumahdigitalindonesia.id.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Puncak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 memang sudah berlalu, tetapi kemeriahannya masih dapat kamu saksikan di Rumah Digital Indonesia yang bisa diakses melalui website www.rumahdigitalindonesia.id.

Jutaan pasang mata sudah menonton dan menikmati berbagai hiburan serta persembahan spesial dari Rumah Digital Indonesia yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tercatat ada lebih dari 1,3 juta pengunjung dan ditonton sebanyak lebih dari 4,8 juta kali selama Bulan Kemerdekaan. Apakah kamu termasuk yang sudah menontonnya? Bila belum, kamu bisa menyimak sejumlah informasi di bawah ini yang bisa jadi magnet untuk mengakses RDI sekaligus merasakan kembali suasana kemerdekaan.

RDI menghadirkan konsep festival dengan arena virtual untuk pertama kalinya. Di mana pengunjung dapat merasakan pengalaman seperti hadir ke festival secara langsung (offline). Bagi kalian yang penasaran dari cerita di balik penyelenggaraan RDI, akan ada sesi IG live melalui Instagram @rumahdigitalindonesia.id pada tanggal 26 September 2021 jam 9:30 WIB bersama Putri Tanjung dan Budi Adiputro.

Pembukaan dan Acara Puncak RDI

Acara pembukaan RDI berlangsung pada tanggal 1 Agustus 2021 dan mendapatkan dukungan penuh dari Presiden RI Joko Widodo. Di hari pertama pembukaan juga digelar Talkshow yang menghadirkan tokoh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, Putri Tanjung, Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Monalisa Sembor.

Dalam rangka merayakan HUT RI ke-76, RDI juga sukses menghadirkan Acara Puncak yang berlangsung pada tanggal 16 Agustus 2021, tepat sehari sebelum Hari Kemerdekaan Indonesia. Menghadirkan program Bincang Bangsa, Konser Selebrasi Kemerdekaan, Panggung Puisi, dan Komedi Lokal yang dapat ditonton di Panggung Nasional RDI.

Konser Selebrasi Kemerdekaan dimeriahkan oleh Nadin Amizah, Adrian Khalif , Bilal Indrajaya, Idgitaf, serta SIVIA.

Pada Acara Puncak, Panggung Nasional RDI juga menghadirkan fitur eksklusif ‘Salam Personalisasi Kemerdekaan dari Presiden RI’ untuk para pengunjung terpilih. Bincang Bangsa di Acara Puncak dihadiri oleh Faye Simanjuntak, Dr. Dedy Permadi, Mandy CJ, dan Iyas Lawrence membahas “Perspektif Nasionalisme Gen-Z”. Dikutip dari Faye, “Nasionalisme itu sadar peran kita untuk berkontribusi ke Negara”. Dr. Dedy Permadi turut menambahkan bahwa Gen Z merupakan salah satu penentu yang memiliki andil untuk berkontribusi terhadap Negara.

Komedi Lokal dan Konser Selebrasi Kemerdekaan

Komedi Lokal yang diisi oleh Abdur Arsyad, Arif Brata, Aci Resti, Ge Pamungkas, dan Indra Jegel turut dimeriahkan penampilan dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Di mana mereka bermain games yang penuh canda tawa.

Konser Selebrasi Kemerdekaan dimeriahkan oleh Yura Yunita, Budi Doremi, Putri Ariani, Angel Pieters, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga ada penampilan spesial dari Papermoon Puppet Theatre bersama Najwa Shihab yang membacakan puisi ‘Atas Kemerdekaan’ di Panggung Puisi.

Pada Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2021, beragam rangkaian peringatan HUT RI juga dapat disaksikan melalui website RDI. Mulai dari penayangan Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI, Upacara Detik-detik Proklamasi, Pelantikan Paskibraka, hingga Doa Bersama.

Arena Lomba Hingga Ruang Literasi Digital

Program menarik lainnya yang bisa dijelajahi di website RDI adalah Arena Lomba-17an, yang diikuti oleh lebih dari 22.000 peserta dari seluruh Indonesia. Untuk bisa masuk Arena Lomba-17an kamu perlu login dengan akun gmail atau facebook. Di sini kamu bisa mengikuti permainan lomba tarik tambang, makan kerupuk, balap karung hingga panjat pinang. Semua mengusung konsep virtual jadi bisa dari mana saja, aman dan nyaman.

Selanjutnya ada Pasar Lokal yang melibatkan 616 UMKM dari 34 provinsi. Kamu bisa belanja berbagai kebutuhan gaya hidup, mulai dari busana pria dan wanita, peralatan olahraga dan terkait hobi, makanan dan minuman, hingga produk herbal & spa.

Ruang Seni & Budaya serta Ruang Komunitas yang melibatkan ribuan total video kreasi kiriman masyarakat seluruh Indonesia. Ada kategori Panggung tari, Ruang musik, Dinding puisi dan pentas Nusantara.

 

Selain itu, Rumah Digital Indonesia juga menghadirkan Ruang Literasi Digital yang juga persembahan spesial dari Kominfo, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan internet secara positif dan produktif. Ada empat tema utama yang bisa kamu simak: Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan Keamanan Digital.

Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia yang memiliki beragam konten bermanfaat dari seluruh Nusantara. Tonton konten dan video seputar destinasi wisata dan kuliner khas daerah dari Aceh hingga Papua. Lewat beragam konten menarik itu, rasa bangga akan keberagaman Indonesia semangat besar.

RDI juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam mengadakan lomba #MelodiKemerdekaan, di mana masyarakat luas ditantang untuk tampil menyanyikan lagu nasional/daerah dan mengunggahnya di media sosial.

Itulah sekilas program menarik yang masih bisa dinikmati terus dari rumah dan secara gratis di www.rumahdigitalindonesia.id

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini