Sukses

Airlangga Dinilai Layak Dapat Penghargaan Priyardarshni Academy

Saidiman mengatakan salah satu kebijakan dari pemerintah termasuk Airlangga yang menonjol adalah soal PPKM yang dilakukan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta Peneliti senior Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto layak mendapatkan penghargaan Priyadarshni Academy Global Award dari India. Alasannya, kondisi ekonomi tanah air bisa pulih yang sebelumnya mengalami resesi.

"Jadi positif 7 persen, menurut saya itu prestasi," kata Saidiman saat dihubungi, Jumat (24/9/2021).

Kedua, lanjut Saidiman, pemulihan Covid-19. Dia mengatakan, awalnya masyarakat khawatir kondisi di tanah air akan sama seperti di India.

"Ternyata tidak, itu berhasil diatasi. Tentu saja tidak sempurna tapi relatif terkendali. Dibuka zona PPKM level 3," kata dia lagi.

Bagi Saidiman, semua itu merupakan prestasi bagi Airlangga. Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu layak dihargai.

"Dengan segala kekurangannya, kekhawatiran orang, pesimisme, dijawab dengan baik. Baik dari sisi ekonomi maupun penanganan kesehatan, walaupun vaksinasi belum maksimal, kasus positif turun dan kita tidak meledak," katanya.

Saidiman mengatakan salah satu kebijakan dari pemerintah termasuk Airlangga yang menonjol adalah soal PPKM yang dilakukan secara bertahap. Selama pandemi, kata dia, masyarakat punya dua persoalan yaitu kesehatan terpenuhi, dan ekonomi harus jalan.

"Kebijakan yang diambil tidak saklek misalnya lockdown. Kita tidak seperti negara-negara maju, yang menerapkan lockdown, kebutuhan ekonomi publik dipenuhi," ujarnya.

Saidiman menambahkan kebijakan yang diambil sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia. Aktiviats warga dibatasi, namun pada saat yang sama ekonomi tetap jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Pemulihan Ekonomi

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery. Penghargaan tersebut diberikan pada the 37th Anniversary Global Awards Function.

Priyadarshni Academy merupakan akademi yang memberikan layanan kepada kemanusiaan, utamanya di bidang sosial budaya dan pendidikan, yang telah menyelenggarakan Global Awards Function sejak didirikan pada tahun 1985. Priyadarshni Academy Global Awards Advisory Committee diketuai oleh ilmuwan Dr. Raghunath Anant Mashelkar.

Menko Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19, tidak hanya kepada Indonesia namun juga kepada India.

Komite juga menilai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), berkontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif, termasuk menggagas kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berupa bantuan oksigen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.